Perbedaan Lead Auditor dan Lead Implementer

posted in: Article | 0
Bagi Anda yang baru memasuki dunia ISO 27001 atau ISO 22301, kemungkinan besar Anda mempertimbangkan untuk mengikuti pelatihan. Tentu, ini adalah hal yang baik untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman Anda. Namun, tidak dipungkiri terkadang ada kebingungan terkait program dan atau pelatihan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, kebingungan terjadi diantara Lead Implementer atau Lead Audior. Maka dari itu kami membahasnya terkhusus untuk Anda.
Ulasan ini bukan hanya berlaku bagi ISO 27001 dan ISO 22301, tetapi juga untuk ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 20000.
Perbedaan utama terkait lead implementer dan auditor.
Walau pun cakupannya sama, secara pekerjaan, Lead Auditor dan Lead Implementer memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu pula, pelatihan dan program yang disusun berbeda untuk menunjang fungsi posisi tersebut.
Perbedaan utama antara kedua mata kuliah ini terletak pada fokusnya. Jika Anda ingin memfokuskan karir Anda pada audit, Anda harus mengikuti kursus Lead Auditor; sementara jika Anda seorang praktisi yang berfokus pada implementasi, Anda harus mengikuti Lead Implementer. Namun, jika Anda berada dalam bisnis konsultasi, Anda mungkin harus memilih keduanya, karena dengan cara inilah Anda akan mempelajari tidak hanya teknik implementasi, tetapi juga kriteria auditor sertifikasi; Belum lagi semakin banyak sertifikat yang Anda miliki sebagai konsultan, semakin berharga Anda.
Terkait materi, biasanya di hari pertama keduanya tidak jauh berbeda. Kita akan berangkat dengan mempelajari setiap klausa standar secara mendetail dengan fasilitator yang akan mengajari Anda bagaimana cara menafsikar standar tersebut beserta alasan dan logika yang mendasarnya. Setelah ini, materi Lead Implementer akan membahas dan menjelaskan bagaimna metode terbaik yang dapat diterapkan dalam implementasi proyek. Sementara Lead Auditor akan berfokus pada Teknik audit standar tersebut. Terkait Lead Auditor, ada akreditasi resmi yang dikeluarkan oleh Lembaga sertifikasi, sementara Lead Implementer tidak memiliki sertifikasi tersebut.
Investasikan waktu dalam pendidikan Anda
Jika Anda serius berencana berkarir di ISO 27001 atau ISO 22301, beberapa hari pelatihan merupakan investasi penting bagi keberlanjutan karier Anda. Percayalah, Anda tidak hanya akan mendapatkan sertifikat (yang merupakan keharusan jika Anda ingin orang lain mengenali Anda), tetapi Anda juga akan mempelajari esensi tentang standar ini – sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan hanya dengan membaca standar dari waktu demi waktu.
Jika Anda berencana untuk memulai pelatihan ada baiknya Anda membaca silabus-silabus kami terlebih dahulu untuk mengetahui perbedaan keduanya secara lebih mendalam.

Leave a Reply