ISO 14005 membantu UKM menerapkan ISO 14001 lebih mudah

posted in: Article | 0

 

Menerapkan sistem manajemen lingkungan (Environmental Management System, EMS) berdasarkan ISO 14001 mungkin tampak seperti tugas besar, tetapi tidak berarti bahwa penerapan ini hanya bisa dilakukan perusahaan – perusahaan besar. Memecahnya menjadi beberapa fase adalah kuncinya. ISO 14005, pedoman yang telah direvisi ini membantu bisnis dari segala bentuk dan ukuran menerapkan sistem manajemen lingkungan yang sesuai dengan mereka dan memetik manfaat di setiap langkahnya.

Lingkungan berubah dengan cepat, namun bisnis harus tetap berkembang dan berada di puncak pasar jika ingin tetap bertahan. Sistem manajemen lingkungan (EMS) berdasarkan ISO 14001 membantu organisasi mengelola risiko secara efektif dan memanfaatkan peluang yang diberikan oleh dunia yang terus berubah. Menerapkan EMS memberikan sejumlah manfaat seperti penggunaan sumber daya alam dan energi yang lebih efisien, peningkatan kepatuhan terhadap persyaratan hukum dan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Meningkatkan kinerja lingkungan menjadi lebih mudah dengan adanya sistem formal. Namun, usaha kecil dan menengah (UKM) sering menemukan implementasi EMS sulit karena jumlah staf dan sumber daya yang lebih sedikit.

ISO 14005, Sistem manajemen lingkunganPedoman untuk pendekatan yang fleksibel untuk implementasi bertahap, memberi UKM cara untuk mengatasi hambatan dalam penerapan EMS dengan memungkinkan mereka untuk memenuhi persyaratan EMS dengan cara bertahap dan fleksibel yang disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk mulai mendapatkan manfaat dari awal sekaligus akhirnya memenuhi persyaratan ISO 14001. Standar ini telah direvisi untuk memastikannya mutakhir dan terus memenuhi kebutuhan pasar.

Martin Baxter, Ketua subkomite ISO yang mengembangkan standar, mengatakan ISO 14005 memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah mengukur nilai bisnis dan manfaat penerapan EMS dan memastikan mereka mendapatkan hasil dari investasi mereka.

“Ada banyak keuntungan dari mengambil pendekatan bertahap,” katanya.

“Perusahaan dapat memulai dengan proyek spesifik yang paling relevan atau mendesak, seperti meningkatkan efisiensi energi atau produktivitas sumber daya. Ketika mereka tahu bahwa proyek-proyek ini menghasilkan kesuksesan bisnis, mereka dapat membangun sistem mereka ketika kebutuhan muncul, menggabungkan persyaratan lingkungan pelanggan atau melibatkan lebih banyak karyawan mereka dalam meningkatkan kinerja lingkungan, untuk akhirnya memenuhi semua persyaratan EMS. “

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2393.html

Leave a Reply