ISO 12232:2019 Standar Internasional baru untuk memberikan gambar fotografi yang lebih baik

posted in: Article | 0

 

Teknologi baru dari era digital telah menjadikan fotografi lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Kamera pada ponsel pintar dan perangkat canggih lainnya telah mengubah kita semua menjadi seorang ”fotografer”. Standar Internasional untuk fotografi memastikan bahwa kita semua dapat mendapatkan kualitas gambar yang bagus bagaimana pun kondisi cuacanya.

Teknologi digital telah memberi kita kemampuan untuk mengabadikan berbagai momen terbaik, terlihat dari foto-foto yang diposting di Instagram, mulai dari menu sarapan hingga kegiatan bersantai di pantai. Belum pernah sebelumnya hal-hal kecil dalam hidup kita dapat didokumentasikan dengan semudah ini.

Kaum muda saat ini adalah generasi yang tumbuh di era dunia digital dan menjadi kekuatan kreatif dalam fotografi. Menurut survei Pew Research Center tahun lalu, 92% dari milenium memiliki smartphone.

Terlepas dari keinginan untuk melihat dunia dalam berbagai warna, semua fotografer menginginkan kamera yang dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi yang sebenarnya juga didukung oleh peralatan digital yang semakin sensitif. Hal ini lah yang dibantu oleh ISO 12232: 2019, Fotografi Kamera foto digital – Penentuan indeks eksposur, peringkat kecepatan ISO, sensitivitas output standar, dan indeks eksposur yang direkomendasikan.

ISO 12232 dikembangkan oleh para pakar industri dari sejumlah besar perusahaan internasional di bidang industri fotografi, termasuk Apple, Canon, Google, Nikon, Olympus dan Sony.

Ken Parulski adalah Pemimpin Proyek untuk ISO 12232 sejak edisi pertama (diterbitkan pada tahun 1998) dan Kepala Grup Penasihat Teknis AS untuk komite teknis ISO ISO / TC 42. Ia mengatakan Standar Internasional digunakan untuk mengatur paparan kamera yang tepat, baik secara manual atau secara otomatis, ketika mengambil gambar. Hasil yang diberikan serupa dengan nilai kecepatan pada film ISO, yang memungkinkan kamera film untuk mengekspos gambar dengan baik pada film fotografi yang memiliki kepekaan cahaya yang berbeda.

ISO 12232 juga digunakan untuk merekam eksposur kamera sebagai metadata dalam file gambar dari hampir semua smartphone dan kamera digital saat ini. Ini memberikan metode standar untuk membandingkan sensitivitas fotografi dari berbagai kamera digital dan kamera smartphone.

Jadi, selain membantu konsumen membuat keputusan pembelian yang lebih baik, standar ini memungkinkan berbagai macam produk yang berbeda untuk beroperasi secara baik satu sama lain dan memungkinkan produsen peralatan pencitraan digital untuk memperkenalkan teknologi ke dalam produk yang sesuai dengan spesifikasi yang disepakati secara internasional.

Parulski meringkas: “Versi revisi ISO 12232 ini memperluas peringkat untuk memasukkan nilai yang lebih tinggi, karena kamera akan menjadi semakin sensitif. Banyak yang sekarang dapat mengambil foto berkualitas tinggi pada tingkat cahaya yang sangat rendah. ISO 12232:2019 juga menyederhanakan dan mengklarifikasi beberapa proses dan fungsi matematika yang digunakan dalam menentukan nilai yang dilaporkan. “

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2375.html

Leave a Reply