5 Langkah Awal Memulai Sertifikasi ISO

posted in: Article | 0

Banyak pertanyaan diajukan kepada kami tentang bagaimana cara menerapkan sistem manajemen ISO di perusahaan masing-masing. Berikut adalah 5 langkah awal dalam memulai sertifikasi ISO.

  1. Riset terhadap Standar

Menerapkan sistem manajemen ISO bukanlah sesuatu yang diputuskan dalam waktu semalam. Organisasi perlu mengetahui apa yang harus mereka implementasikan, sehingga perlu ada pemahaman tentang standar dan apa yang diharapkan dapat diperoleh dengan implementasinya. Semua orang di dalam organisasi perlu memiliki pengetahuan dasar mengenai standar yang diterapkan, pentingnya menerapkannya, dan bagaimana tindakan mereka mempengaruhi sistem. Juga dianjurkan agar sekelompok karyawan memahami standar secara menyeluruh. Manajemen puncak, walaupun mereka tidak perlu menjadi ahli, mereka perlu memahami pentingnya mengalokasikan sumber daya untuk implementasi dan pemeliharaan sistem manajemen ISO yang diinginkan.

  1. Buat Kerangka Waktu

Setelah memahami persyaratan standar, organisasi perlu merencanakan bagaimana proses implementasiannya. Organisasi perlu menganalisis di mana mereka berada, di posisi mana yang mereka inginkan dan sumber daya yang tersedia. Dengan informasi ini, sebuah rencana harus dilacak dengan rincian tindakan spesifik, investasi dan sumber daya yang dibutuhkan. Poin penting lainnya dalam proses perencanaan adalah menetapkan jadwal yang masuk akal; menerapkan sistem manajemen berdasarkan standar ISO.

  1. Mendapatkan Dukungan Karyawan dan Manajemen

Organisasi perlu memastikan bahwa karyawan memiliki kompetensi dan pengetahuan teknis yang tepat untuk menerapkan sistem manajemen ISO yang spesifik. Pelatihan perlu direncanakan dan dilaksanakan secara hati-hati. Aset manusia adalah salah satu sumber daya terpenting yang dimiliki organisasi untuk berhasil menerapkan dan mensertifikasi sistem manajemen ISO. Seiring dengan melatih karyawan, memastikan partisipasi dalam proses implementasi dan sertifikasi sangat penting. Organisasi dapat menginvestasikan modal di bidang infrastruktur dan teknologi, namun jika karyawan tidak berpartisipasi dalam perbaikan proses, atau yang terburuk, jika karyawan menolaknya, semua uang dan waktu yang diinvestasikan akan hilang. Karyawan perlu disertakan mulai hari pertama dalam proses implementasi dan sertifikasi sistem manajemen ISO manapun.

  1. Terapkan Standar

Langkah selanjutnya adalah memetakan dan memahami proses internal organisasi Anda. Begitu proses dipetakan, standar yang Anda gunakan dapat diimplementasikan ke dalam proses ini. Anda mungkin ingin melibatkan konsultan untuk membantu proses ini, atau jika Anda memiliki sumber daya yang ada, hal itu dapat dilakukan secara internal.

  1. Pilihlah Perusahaan Pendaftaran

Setelah sebuah organisasi maju dalam proses implementasi, maka perlu dipilih Badan Sertifikasi yang tepat. Panitera terpilih akan menemani organisasi tersebut melalui seluruh proses sertifikasi. Adalah penting bahwa lembaga sertifikasi memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam standar ISO yang telah diimplementasikan dan dalam jenis industri / bidang organisasi yang mencari sertifikasi.

Sumber: //isoupdate.com/resources/thinking-iso-certification-dont-know-start-5-steps-begin-process/

Leave a Reply