Membuka landasan baru dengan manajemen inovasi yang lebih baik dengan ISO 56000

posted in: Article | 0

 

Penting bagi keberhasilan bisnis, inovasi adalah tentang mengikuti persaingan melalui produk, layanan, atau cara baru dalam melakukan sesuatu. Serangkaian Standar Internasional telah diterbitkan untuk membantu organisasi memaksimalkan proses manajemen inovasi. Seingga organisasi dapat mendapatkan hasil yang terbaik dari semua ide cemerlang yang ada.

Inovasi tidak harus merupakan sebuah teknologi baru yang menakjubkan atau penemuan yang bisa mengubah kehidupan. Inovasi bisa berarti menemukan cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu. Inovasi bisa juga berarti melakukan modifikasi produk yang seiring waktu mengarah pada peningkatan jangka panjang yang signifikan. Tetapi pemanfaatan ide-ide ini membutuhkan strategi yang kuat untuk memastikan mereka dapat berfungsi sebaik mungkin.

Seri Standar Internasional ISO 56000 bertujuan untuk memberikan pedoman dan proses yang memungkinkan organisasi mendapatkan hasil maksimal dari proyek inovasi mereka. ISO 56003, Manajemen inovasi – Alat dan metode untuk kemitraan inovasi – Panduan, memberikan pendekatan terstruktur bagi organisasi yang ingin masuk ke dalam kemitraan inovasi dengan organisasi lain. Hal ini membantu organisasi memutuskan apakah berkolaborasi dengan organisasi lain dalam proyek inovasi mereka merupakan hal yang bagus. Terdapat juga panduan bagaimana memilih mitra yang tepat, menyelaraskan mitra, dan menyepakati pemahaman bersama. Standar ini juga memberikan panduan tentang bagaimana cara terbaik untuk menetapkan peran dan tanggung jawab serta menerapkan prosedur tata kelola yang efektif.

Laporan teknis ISO / TR 56004, Penilaian Manajemen Inovasi – Panduan, akan membantu organisasi secara efektif meninjau proses manajemen inovasi mereka, sehingga mereka dapat terus meningkatkannya dan menunjukkan kinerja yang lebih baik. Sebagai tambahan yang akan datang, ISO 56002, manajemen inovasi – sistem manajemen inovasi – panduan, akan menawarkan arahan untuk pengembangan, implementasi, pemeliharaan, dan peningkatan berkelanjutan dari sistem manajemen inovasi aktual.

Alice de Casanove sebagai ketua komite teknis ISO yang mengembangkan standar, mengatakan manajemen inovasi yang efektif memungkinkan organisasi untuk benar-benar berkembang, dengan memanfaatkan pengetahuan dan kreativitas mereka sendiri dan orang-orang yang bekerja sama dengan mereka.

“Inovasi bukan hanya ‘penemuan besar’, ia adalah kemampuan organisasi untuk mendeteksi dan menanggapi perubahan kondisi di lingkungannya, untuk menanggapi peluang baru dan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya secara maksimal” katanya.

“Dengan cara ini, ide-ide baru besar yang kita lihat sering muncul sebagai hasil dari banyak ide kecil dan perubahan yang telah diterapkan dan dikembangkan. Standar-standar ini membantu organisasi melakukan hal itu dengan memberikan prosedur praktik terbaik dan panduan yang membantu mereka menangkap informasi yang tepat dan menggunakannya dengan cara yang paling efektif. ”

Komite teknis ISO juga telah bekerja dekat dengan rganisation for Economic Co-operation and Development (OECD) untuk berbagi terminologi dan struktur umum untuk inovasi. Sebagai hasilnya, definisi “inovasi” dan “manajemen inovasi” seperti yang muncul dalam standar adalah yang digunakan dalam OECD’s Oslo Manual: Pedoman untuk Mengumpulkan dan Menafsirkan Data Inovasi, yang merupakan “sumber pedoman internasional terpenting untuk pengumpulan. dan penggunaan data tentang kegiatan inovasi dalam industri ”.

 

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2368.html

Leave a Reply