Sekilas ISO 28000

posted in: Artikel | 0

Milyaran dolar barang-barang dan jasa disalurkan dari produsen ke konsumen melalui serangkaian titik pasokan, mencakup vendor, fasilitas pabrik, pemasok logistik, pusat distribusi internal, distributor, grosir dan entitas lain yang terlibat dalam pabrikasi, pemrosesan, penanganan dan pengiriman barang dan jasa tersebut.

Dan karena resiko kerusakan dan ketidaksesuaian produk bisa terjadi di setiap rantai pasokan ditambah insiden keamanan yang mungkin saja terjadi, seperti: boikot, penyelundupan dan terorisme, maka diperlukan pengendalian yang memadai guna melindungi produk tersebut dari akibat yang merugikan.

ISO telah menerbitkan spesifikasi ketersediaan publik (public available specification, PAS), yaitu ISO/PAS 28000, dimana standar ini berisi spesifikasi sistem manajemen keamanan bagi rantai pasokan.

Penggunaan standar ini akan membantu organisasi dalam menetapkan tingkat keamanan yang cukup pada bagian rantai pasokan internasional yang dikendalikannya. Standar ini juga merupakan dasar untuk menetapkan atau memvalidasi tingkat keamanan yang ada dalam rantai pasokan organisasi bersangkutan oleh auditor internal atau eksternal atau oleh lembaga pemerintah.

Standar yang berlaku saat ini adalah ISO/PAS 28001:2007, yang juga kompatibel dengan ISO 9000, ISO 14000 dan ISO 19011, serta telah juga mengadopsi siklus PDCA. Aplikasi saat ini paling banyak di pelabuhan-pelabuhan laut dan udara.

 

ISO 28000:2007 dikembangkan untuk operasi mengkodifikasi keamanan dalam sistem manajemen rantai pasokan yang lebih luas. The PDCA sistem manajemen struktur diadopsi dalam mengembangkan ISO 28000:2007 untuk membawa unsur-unsur dari standar ini dalam keselarasan dengan standar terkait seperti ISO 9001 : 2000 dan ISO 14001 : 2004.

ISO 28000:2007 dikembangkan sedemikian rupa sehingga organisasi dari berbagai skala dapat menerapkan standar untuk memasok rantai berbagai tingkat kompleksitas.

ISO 28000:2007 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen keamanan, termasuk aspek-aspek penting mengenai jaminan keamanan rantai pasokan. Manajemen keamanan terkait dengan banyak aspek lain dari manajemen bisnis. Aspek mencakup semua kegiatan yang dikendalikan atau dipengaruhi oleh organisasi yang berdampak pada keamanan rantai pasokan. Aspek-aspek lain yang harus dipertimbangkan secara langsung, di mana dan kapan mereka berdampak pada manajemen keamanan, termasuk mengangkut barang-barang di sepanjang rantai pasokan.

 

Manfaat dari Penerapan ISO 28001

Mengadopsi ISO 28001 memiliki manfaat strategis, organisasi dan operasional yang luas yang menyadari seluruh rantai pasokan dan praktek bisnis.

Manfaat termasuk, namun tidak terbatas pada:

  1. Terpadu perusahaan ketahanan
  2. Sistematis manajemen praktek
  3. Peningkatan kredibilitas dan pengenalan merek
  4. Blok terminologi dan konseptual penggunaan
  5. Peningkatan kinerja rantai pasokan
  6. Benchmarking terhadap kriteria internasional dikenali
  7. Lebih besar kepatuhan proses

Organisasi Penerap ISO 28001

ISO 28000:2007 berlaku untuk semua ukuran organisasi, dari kecil ke multinasional, di bidang manufaktur, layanan penyimpanan, atau transportasi pada setiap tahap dari rantai produksi atau suplai yang ingin:

  1. Menetapkan, menerapkan, memelihara dan meningkatkan sistem manajemen keamanan
  2. Menjamin kesesuaian dengan kebijakan keamanan menyatakan manajemen
  3. Menunjukkan kesesuaian tersebut kepada orang lain
  4. Mencari sertifikasi / registrasi sistem manajemen keamanan oleh pihak Badan Sertifikasi Terakreditasi ketiga; atau
  5. Membuat penentuan nasib sendiri dan self-deklarasi kesesuaian dengan ISO 28000:2007

Sumber:  mnovessro.weebly.com

Konsultan28001a

Rate this post