Standar ISO 22301:2012, Solusi Keberlangsungan Bisnis

posted in: Article | 0

ISO 22301 Solusi Keberlangsungan Bisnis

ISO 22301 adalah standar internasional yang menentukan persyaratan untuk menerapkan Sistem Business Continuity Management (BCM). Standar ini memberikan panduan bagi organisasi untuk membangun dan terus meningkatkan sebuah sistem kelangsungan bisnis yang memungkinkan mereka untuk mengurangi terjadinya suatu peristiwa yang mengganggu, merespons secara efektif ketika terjadi gangguan, dan cepat pulih jika kasus peristiwa serupa itu muncul.

ISO 22301 dikembangkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) pada tahun 2012. Standar ini ditulis oleh spesialis di lapangan untuk memberikan kerangka terbaik untuk mengelola kelangsungan bisnis dalam sebuah organisasi. Standar ini menekankan pentingnya:

  • Memahami kebutuhan organisasi dan kebutuhan untuk menetapkan kebijakan manajemen kelangsungan bisnis dan tujuan,
  • Menerapkan dan operasi kontrol dan langkah-langkah untuk mengelola kemampuan keseluruhan organisasi untuk mengelola insiden mengganggu,
  • Pemantauan dan meninjau kinerja dan efektivitas sistem kelangsungan bisnis, dan
  • Perbaikan berkelanjutan berdasarkan pengukuran yang objektif.

Jika sebuah organisasi belum membentuk Sistem BCM secara efektif, dapat menjalani serangkaian kerugian jika suatu peristiwa yang mengganggu terjadi. Beberapa konsekuensi yang mungkin adalah hilangnya pelanggan, kerusakan reputasi, dan kerugian keuangan. Sebuah organisasi yang berhasil menerapkan standar ini akan secara drastis mengurangi potensi kerusakan suatu peristiwa yang mengganggu dengan cara:

  • Mengidentifikasi dan mengelola segala jenis ancaman saat ini dan masa depan.
  • Meminimalkan dampak dari insiden, dan menjaga fungsi kritis siap dan berjalan selama masa krisis.
  • Meningkatkan kapasitas untuk meminimalkan downtime setelah insiden apapun.
  • Meningkatkan waktu pemulihan dan menunjukkan perlawanan mereka kepada pelanggan, pemasok dan penawaran tender.

Persyaratan yang ditentukan dalam ISO 22301 dapat diterapkan untuk semua organisasi. Setiap organisasi, besar atau kecil, untuk profit atau non-profit, swasta atau publik, dapat menggunakan standar ini untuk membangun Sistem BCM yang sesuai dengan kebutuhan dan memenuhi persyaratan pihak berkepentingan. Standar ini juga kompatibel dengan standar sistem manajemen ISO lainnya, sehingga mendukung pelaksanaan dan operasi yang konsisten dan terpadu dengan sistem manajemen yang terkait.

Salah satu fitur yang membedakan standar ini dari kerangka kelangsungan bisnis lainnya adalah bahwa suatu organisasi dapat menjadi disertifikasi oleh lembaga sertifikasi terakreditasi, dan oleh karenanya dapat membuktikan kepatuhan terhadap pelanggan, mitra, pemilik dan pemangku kepentingan lainnya. ISO 22301 menggantikan standar BS 25999-2 yang diakui. Kedua standar ini agak mirip, tapi ISO 22301 dapat dianggap upgrade dari BS 25999-2. Setelah rilis pada tahun 2012, ISO 22301 adalah satu-satunya standar yang suatu organisasi dapat menyatakan Sistem BCM-nya.

Leave a Reply