Cara Menghitung Biaya Sertifikasi ISO

posted in: Article | 0

How-to-Calculate-Advertising-ROI

 

Berapa biaya sertifikasi standar manajemen ISO ? Banyak organisasi yang belum tahu bagaimana menilai kewajaran biaya sertifikasi. Bahkan beberapa di antaranya ada yang tidak tahu bahwa biaya sertifikasi terpisah dari biaya jasa konsultan ISO.

Ada pula yang memang tidak mau tahu, asal dapat sertifikat, siap membayar. Tidak peduli prosesnya bagaimana. Menghadapi motif organisasi yang seperti ini, biasanya lembaga sertifikasi akan bekerjasama dengan pihak konsultan untuk membantu perolehan sertifikat.

Berikut ini beberapa hal yang bisa digunakan untuk menghitung biaya sertifikasi ISO:

PISAHKAN DARI BIAYA KONSULTAN ISO

Proses konsultasi dan sertifikasi adalah dua hal berbeda, dilakukan oleh pihak yang berbeda pula. Organisasi tidak harus menggunakan jasa konsultan ISO dalam melakukan sertifikasi sistem manajemennya. Meskipun penggunaan jasa konsultan ISO adalah cara yang paling lazim, mungkin ada baiknya organisasi meninjau dulu apa motif adopsi dan sertifikasi standar ISO.

Jika memang harus menggunakan jasa konsultan ISO, organisasi harus lebih cermat atas manfaat apa yang ingin diraih dibanding besarnya biaya. Tidak ada standar baku untuk biaya konsultasi ISO, setiap konsultan bisa punya harga sendiri-sendiri. Jadi, tentukan dulu berapa anggaran yang disediakan untuk konsultan ISO. Semakin besar nilai tambah “improvement” yang diinginkan, mestinya organisasi juga siap dengan biaya untuk konsultan yang mempunyai reputasi baik.

MENGHITUNG AUDITOR DAY

Dalam proses sertifikasi ISO, audit merupakan tahap yang menentukan. Penilaian kompetensi organisasi dan pemenuhan persyaratan ada dalam tahap ini. Oleh karenanya, untuk menjaga mutu sebuah audit yang dilakukan lembaga sertifikasi yang telah terakreditasi, International Acreditation Forum (IAF) mengeluarkan sebuah “mandatory document” atas durasi audit sertifikasi dan surveillance. Anda dapat mendownloadnya di www.iaf.nu menu “mandatory document”. Silahkan memilih judul: IAF Mandatory Document or Duration of QMS and EMS Audits (IAF MD 5: 2013).

Man day (demikian satuan durasi tersebut sering disebut) adalah banyaknya waktu efektif dan auditor yang dibutuhkan untuk melakukan audit. Beberapa faktor yang mempengaruhi misalnya standar ISO yang disertifikasi, jumlah personil organisasi yang diaudit, kompleksitas proses, bidang/sektor organisasi, maupun jumlah lokasi.

MEMILIH LEMBAGA SERTIFIKASI ISO

Durasi audit boleh baku, tetapi bukan berarti lembaga sertifikasi akan menawarkan harga yang sama kepada kliennya. Lembaga sertifikasi yang sudah mempunyai reputasi tinggi, tentu bisa menawarkan biaya yang lebih mahal.

Lembaga sertifikasi (certification/ registration body) yang memiliki reputasi bagus, auditor-auditor berpengalaman, dipercaya perusahaan-perusahaan bonafid, mestinya baik untuk dipilih. Melalui auditor-auditor yang berpengalaman, organisasi bisa berharap tidak hanya mendapatkan laporan berupa temuan-temuan yang bersifat administratif, tapi juga saran-saran yang meningkatkan kinerja organisasi.

Tetapi bukankah motif sertifikasi tidak selamanya untuk mendapatkan jaminan mutu dan saran dari lembaga/ badan sertifikasi? Mungkin organisasi melakukan sertifikasi ISO hanya untuk memenuhi persyaratan tender dari pelanggan. Jika demikian, maka sebaiknya organisasi kembali memilih badan sertifikasi ISO yang sesuai keinginan pelanggan. Syukur-syukur jika badan sertifikasi yang diinginkan pelanggan lebih murah dari yang lain.

Jika anda memiliki pertanyaan / membutuhkan info lebih lengkap terkait sertifikasi ISO, anda bisa menghubungi kami di kolom chat yang ada pada website ini. Semoga Bermanfaat..

Source: checklist-magazine.com

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *