Apa Saja Manfaat Sertifikasi ISO 22301:2016 Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis?

posted in: Article | 0

 

 

 

ISO 22301 Business Continuity Management System (BCMS) mempersiapkan perusahaan untuk tetap dapat mengelola bisnis pada kondisi skenario terburuk; seperti bencana alam, terputusnya aliran listrik dan sistem IT, terjadi insiden pada personel atau telekomunikasi, terorisme, cuaca buruk, atau pandemi. Sistem ini memberikan arahan perusahaan untuk membangun dan menerapkan proses yang jelas untuk memastikan pemulihan yang cepat. ISO 22301 menjamin tingkat layanan yang konsisten bagi pelanggan dan pemangku kepentingan di perusahaan.

Sertifikasi terhadap ISO 22301 ini daapt diberlakukan pada semua jenis organisasi; dan dengan standar ISO 22301 yang ditinjau setiap lima tahun, sehingga hal ini memastikan relevansi terhadap ancaman terbaru dan risiko yang timbul.

ISO 22301 membantu organisasi untuk mengidentifikasi dan memitigasi risiko utama yang relevan dengan bisnis, sehingga dapat mengurangi ancaman insiden sebelum risiko tersebut terjadi. Identifikasi potensi risiko pada bisnis mempersiapkan perusahaan untuk menghadapi berbagai hal yang tidak terduga, sehingga perusahaan dapat meresponsnya dengan cepat dan sehingga dapat meminimalisir waktu henti yang disebabkan oleh insiden yang terjadi.

Sertifikasi ISO 22301 menjamin perusahaan dapat terus mempertahankan kegiatan bisnisnya seperti biasa atau mengambil langkah alternatif  dalam menghadapi bencana, serta membangun lingkungan kerja yang aman untuk para karyawan. Sertifikasi ISO 22301 juga menjamin pelanggan menerima tingkat layanan yang mereka harapkan dari perusahaan sehingga dapat melindungi reputasi perusahaan di mata pelanggan.

Menerapkan BCMS berdasarkan ISO 22301 yang disertifikasi oleh badan sertifikasi memberikan pengakuan secara global terhadap kestabilan perusahaan yang akan menghasilkan kepercayaan dari pelanggan dan pemangku kepentingan, sehingga dapat memberi keuntungan dan persaingan kompetitif dalam mengembangkan bisnis.

Manfaat Sertifikasi Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis yang sesuai dengan 22301

  • Melindungi aset, turnover dan keuntungan: Manajemen kelangsungan bisnis yang efektif  memungkinkan organisasi untuk melindungi pemasukan mereka setelah insiden atau bencana, sekaligus mengurangi risiko kerugian lebih lanjut.
  • Memastikan kelangsungan operasi bisnis: BCMS membantu mempertahankan tingkat layanan organisasi kepada pelanggannya. Ini juga membantu para pemimpin bisnis untuk menilai potensi dampak dari gangguan operasional, membuat keputusan yang tepat dengan cepat, menerapkan respons yang efektif, dan meminimalkan dampak keseluruhan.
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif dan reputasi perusahaan: Organisasi dengan BCMS yang sesuai dengan ISO 22301 dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan pada kemampuan organisasi untuk menanggapi insiden.
  • Memenuhi persyaratan hukum dan peraturan: ISO 22301 sebagai alat yang berguna untuk menerapkan respons insiden dan struktur pelaporan yang terdefinisi dengan baik, sehingga organisasi dapat menunjukkan bahwa mereka mengambil langkah untuk mematuhi persyaratan peraturan dan perundangan yang berlaku.
  • Dapatkan melakukan penilaian independen terhadap postur keamanan perusahaan: Sertifikasi terakreditasi melibatkan tinjauan rutin dan audit internal yang memberikan pendapat ahli tentang apakah BCMS berfungsi dengan baik dan memberikan tingkat keamanan yang diperlukan untuk melindungi produk dan layanan organisasi.

Leave a Reply