Berapa Lama Waktu untuk Menerapkan ISO 9001:2015?

posted in: Article | 0

Lama Durasi Waktu Implementasi ISO 9001

Ketika Anda menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) sesuai dengan persyaratan ISO 9001: 2015, Anda mungkin akan bertanya-tanya berapa lama waktu yang diperlukan untuk implementasi Sistem Manajemen tersebut. Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan ini karena penerapan  ISO 9001 memiliki perbedaan dari satu perusahaan ke perusahaan yang lain, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan ide yang baik dari apa yang perlu dilakukan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan.

Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan?

Durasi pelaksanaan akan bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, tetapi ukuran perusahaan sering merupakan prediktor besar dari waktu yang diperlukan untuk menerapkan ISO 9001: 2015, seperti berikut:

  • Organisasi kecil hingga 50 karyawan bisa menerapkan ISO 9001: 2015 dalam 6-8 bulan.
  • Organisasi berukuran sedang sampai dengan 500 karyawan bisa menerapkan di 8-12 bulan.
  • Organisasi yang lebih besar dapat mengambil 12-15 bulan untuk melaksanakan ISO 9001:2015.

Perkiraan ini tidak mencakup waktu yang dibutuhkan untuk mengoperasikan SMM sebelum audit sertifikasi. Waktu yang Anda butuhkan untuk mengoperasikan SMM dan melakukan tugas-tugas ini akan ditetapkan oleh lembaga sertifikasi Anda; yaitu, semua lembaga sertifikasi memiliki jangka waktu yang telah ditentukan bahwa mereka ingin Sistem Manajemen Mutu untuk mengoperasikan dan mengumpulkan catatan bagi mereka untuk dapat memuaskan auditor dan menentukan bahwa hasil mpenilaian sudah sesuai dengan persyaratan ISO 9001: 2015. Jangka waktu ini berbeda antara lembaga sertifikasi.

Bagaimana Anda bisa mempercepat implementasi?

Hal yang paling penting untuk mempercepat implementasi adalah dukungan manajemen. Ketika manajemen proaktif mendukung pelaksanaan, Anda akan menemukan bahwa hambatan dapat dihapus dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, jika Anda sudah memiliki banyak proses dan prosedur yang ada, atau jika Anda sudah memiliki sistem manajemen lain di tempat, seperti ISO 14001 atau ISO 27001, Anda mungkin menemukan waktu untuk melaksanakan ISO 9001 akan berkurang (efek integrasi).
Berikut adalah beberapa hal sederhana yang perlu dipertimbangkan ketika Anda menghitung berapa lama ISO 9001 implementasi akan membawa untuk Anda:

  1. Analisis Kesenjangan / Gap Analysis: alat kunci untuk menentukan apa yang perlu dilakukan – Sebuah analisis kesenjangan yang baik sangat penting ketika memutuskan berapa banyak yang perlu dilakukan selama pelaksanaan ISO 9001. Hal ini memudahkan Anda untuk menentukan berapa banyak pekerjaan akan menerapkan persyaratan ISO 9001: 2015. Dengan alat analisis gap, Anda dapat membandingkan apa yang sudah Anda miliki di tempat di perusahaan Anda dengan persyaratan ISO 9001: 2015 dan mengidentifikasi proses dan prosedur apa yang sudah Anda miliki di tempat yang memenuhi persyaratan dan apa yang Anda belum miliki. Maka Anda dapat mengidentifikasi apa yang Anda butuhkan untuk menutup kesenjangan tersebut.
  2. Memilij manajer proyek implementasi yang tepat: Salah satu cara terbaik untuk mengelola Implementasi ISO 9001:2015 adalah untuk memperlakukannya sebagai sebuah proyek, jadi ini akan berarti memiliki seorang manajer proyek. Jadi, pertanyaan yang perlu dimunculkan adalah Seberapa mampu manajer proyek Anda? Seberapa baik mereka memahami memahami Sistem Manajemen Mutu dan ISO 9001: 2015? Manajer proyek SMM yang berpengalaman akan dapat membantu perusahaan Anda menerapkan SMM Anda jauh lebih cepat daripada seseorang yang perlu belajar.
  3. Apakah Anda mulai dari nol, atau membawa bantuan dari luar? Tentu saja, itu akan memakan waktu lebih lama untuk melaksanakan jika Anda perlu untuk mengumpulkan semua informasi tentang pelaksanaan diri sendiri dan mendapatkan pengetahuan untuk membuat pelaksanaan pekerjaan. Cara yang mahal untuk melengkapi pekerjaan Anda sendiri adalah untuk menyewa konsultan, dan ada banyak konsultan yang baik di luar sana, atau Anda bisa menemukan template untuk prosedur Anda yang dapat membantu Anda untuk lebih cepat dan mudah mendokumentasikan proses yang Anda butuhkan untuk mendokumentasikan.

Demikian penjelasan dari kami. Untuk info pelatihan terkait ISO 9001:2015 dan sejenis bisa anda dapatkan di laman berikut.

Leave a Reply