Semakin percaya diri melakukan riset pasar dengan bantuan ISO 20252

posted in: Article | 0

Riset pasar berkontribusi banyak pada aspek kehidupan modern, mulai dari membantu perusahaan mengembangkan dan mempromosikan produk dan layanan, hingga menganalisis perilaku konsumen. Tetapi apakah riset pasar bersifat global dan konsisten? ISO 20252 yang baru saja diperbarui akan memastikan riset pasar dapat memberikan apa yang kita harapkan.

Riset pasar membantu mengurangi risiko yang ada. Riset yang berkualitas baik memberikan informasi dan pemahaman. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menilai alternatif dengan lebih efektif dan membantu membuat keputusan yang lebih baik. Analisa riset pasar adalah solusi bagi banyak profesional untuk memulai usaha bisnis baru karena mereka dapat menghemat waktu, memberikan wawasan baru tentang pasar bisnis yang sedang Anda kerjakan, dan membantu memperbaiki dan memoles strategi Anda. Jadi ketika ada perusahaan yang melaporkan hasil riset pasar yang tidak didasarkan pada prinsip-prinsip penelitian yang sehat maka mereka tidak lagi mengurangi risiko, tetapi malah pada kenyataannya mungkin akan meningkatkan risiko.

Standar Internasional ISO 20252: 2019, Pasar, penelitian sosial dan opini, termasuk analitik data dan wawasan – Persyaratan layanan dan kosakata, menetapkan pedoman dan persyaratan yang berkaitan dengan cara bagaimana penelitian riset pasar direncanakan, dilaksanakan, diawasi, dan dilaporkan kepada klien yang menugaskan proyek tersebut. Ini akan mendorong konsistensi dan transparansi pada pelaksanaan survei serta meningkatkan kepercayaan pada hasil survei dan pada penyedia layanan survei itu sendiri.

Standar kualitas penelitian global menyediakan kerangka kerja untuk:

  • Memastikan penyediaan layanan berkualitas yang tepat waktu
  • Meningkatkan pengendalian dan manajemen operasional proses penelitian
  • Mengurangi kesalahan dan pekerjaan ulang
  • Meningkatkan reputasi pengguna dan memberikan keunggulan kompetitif

Don Ambrose, Ketua komite teknis ISO yang memperbarui standar, menjelaskan: “ISO 20252 adalah suatu hal yang harus dimiliki bagi industri riset pasar. Pengguna di seluruh dunia – perusahaan, pemerintah, lembaga penelitian, asosiasi konsumen, universitas, dan agen pemasaran dan periklanan – akan mendapat manfaat dengan memiliki kompatibilitas global, keterlacakan dan peningkatan berkelanjutan. Selain itu, standar ini akan memungkinkan klien untuk mendapatkan umpan balik yang kompatibel secara global, sebanding, dan homogen serta membantu penyedia layanan membuat pilihan berdasarkan informasi yang lebih baik. ”

ISO 20252: 2019 mencakup semua tahapan studi penelitian: dari kontak awal antara klien dan penyedia layanan, hingga presentasi hasil kepada klien. Edisi ketiga ini telah diperbarui untuk mencerminkan praktik penelitian baru / yang dimodifikasi, konten baru juga telah ditambahkan, termasuk ISO 26362: 2009 yang lengkap, yang mencakup pengelolaan dan penggunaan access panels (kelompok orang yang telah setuju untuk berpartisipasi secara teratur dalam survei yang dijalankan oleh organisasi tertentu, umumnya organisasi riset pasar, dan setara dengan panel surat modern).

 

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2369.html

Leave a Reply