ISO 21001:2018 – Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

posted in: Article | 0

ISO 21001:2018 Standar sistem manajemen internasional pertama di dunia untuk organisasi pendidikan, baru saja dipublikasikan pada bulan Mei tahun 2018 ini. Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana memberikan kualitas dalam lingkungan pendidikan yang terus berubah, dengan tujuan untuk membantu penyedia layanan pendidikan dalam memberikan layanan yang lebih baik.

Pendidikan berbeda dari banyak sektor lain karena proses pendidikan yang sukses memaksimalkan peluang bahwa seorang pelajar akan berhasil, tetapi tidak dapat menjamin hasil tersebut. Upaya dan kemampuan pembelajar merupakan variabel penting untuk proses pendidikan agar berhasil. Belajar melibatkan internalisasi pengetahuan, metode, dan keterampilan. Organisasi pendidikan merangsang internalisasi pengetahuan, metode, dan keterampilan ini dan menyediakan kerangka kerja, masukan, proses dan sumber belajar. Tetapi usaha dan kemampuan pembelajar lah yang mendefinisikan keberhasilan proses pendidikan

Mulai dari pra sekolah hingga universitas, hingga pelatihan dan pembinaan kerja, dunia pendidikan terus berubah dan berkembang. Proses pendidikan saat ini menjadi semakin terfokus pada co-creation di mana hubungan “customer-supplier”  tradisional disempurnakan menjadi kemitraan kolaboratif. Organisasi pendidikan sekarang harus beradaptasi dengan cara-cara kerja baru ini, sementara pada saat yang sama harus menyediakan layanan berkualitas tinggi.

Selain itu ada juga kebutuhan yang kritis dan terus menerus bagi organisasi pendidikan untuk mengevaluasi sejauh mana mereka memenuhi persyaratan peserta didik dan pelanggan lain untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk terus melakukannya.

Apa itu ISO 21001:2018 ?

ISO 21001, Organisasi pendidikan – Sistem manajemen untuk organisasi pendidikan – Persyaratan dengan panduan untuk digunakan, dimaksudkan untuk memenuhi tantangan ini dengan mendefinisikan persyaratan sistem manajemen yang akan membantu penyedia pendidikan lebih baik dalam memenuhi kebutuhan dan harapan peserta didik dan penerima manfaat lainnya, dan menunjukkan kredibilitas dan dampak yang lebih besar.

Standar Internasional baru yang dikembangkan oleh komite proyek ISO / PC 2881) ini berfokus pada interaksi khusus antara lembaga pendidikan, pelajar dan pelanggan lainnya. Standar berdiri sendiri, dan berdasarkan ISO 9001, serta diselaraskan dengan standar sistem manajemen ISO lainnya melalui penerapan HLS (High Level Structure)

Organisasi pendidikan akan mendapatkan manfaat dengan memberikan pengalaman pendidikan yang lebih berdampak dan relevan yang selaras dengan misi dan visi organisasi. Peserta didik akan mendapat manfaat lebih banyak karena layanan pendidikan yang mereka terima dapat lebih dipersonalisasi dan sesuai dengan kebutuhan mereka, yang pada akhirnya mengarah pada hasil pendidikan yang lebih baik.

Dengan menyediakan seperangkat praktik komprehensif yang berlaku untuk penyedia layanan pendidikan di seluruh papan, ISO 21001 akan membantu membangun sektor pendidikan yang lebih kuat dan memberikan pengaruh positif dalam hal merangsang inovasi dan ekonomi.

Kepada siapa standar ini berlaku ?

Semua persyaratan ISO 21001 bersifat umum dan dimaksudkan untuk berlaku untuk semua organisasi pendidikan yang menyediakan, berbagi, dan memfasilitasi pembangunan pengetahuan kepada peserta didik melalui pengajaran, pelatihan atau penelitian, terlepas dari jenis, ukuran dan produk dan layanan yang diberikan.

ISO 21001 menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Educational Organizations Management System – EOMS) ketika suatu organisasi :

  1. a) perlu menunjukkan kemampuannya untuk secara konsisten menyediakan, membagi, dan memfasilitasi konstruksi pengetahuan kepada peserta didik yang sesuai dengan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku.
  2. b) bertujuan untuk meningkatkan kepuasan peserta didik, pelanggan lain, dan personel melalui penerapan EOMS yang efektif, termasuk proses untuk perbaikan sistem

Siapa yang bisa mendapat manfaat dari ISO 21001?                

Meskipun pelajar dan organisasi pendidikan di seluruh dunia adalah penerima manfaat utama dari standar sistem manajemen baru ini, semua stakeholder (semua orang) akan mendapat manfaat dari keluaran sistem manajemen standar dalam organisasi pendidikan.

Contoh organisasi pendidikan termasuk pra-sekolah, sekolah dasar, sekolah menengah, perguruan tinggi, universitas, pendidikan orang dewasa, pendidikan kejuruan dan pelatihan, pusat bimbingan atau pembinaan, organisasi pelatihan, departemen pendidikan / pelatihan, penyedia jasa konsultan dan pendidikan non-formal.

Semua pihak yang terlibat dalam mengimplementasikan persyaratan juga akan mendapat manfaat dari Standar Internasional ini (guru, orang tua, Pemerintah, LSM, serikat pekerja, dll.).

Manfaat apa yang bisa diberikan ISO 21001?

Manfaat potensial untuk organisasi yang menerapkan EOMS berdasarkan Standar Internasional ini adalah:

  1. penyelarasan yang lebih baik dari misi, visi, tujuan dan rencana aksi pendidikan
  2. pendidikan berkualitas inklusif dan merata untuk semua
  3. promosi pendidikan mandiri dan peluang belajar seumur hidup
  4. pendidikan yang lebih bersifat pribadi dan respons yang efektif terhadap kebutuhan pendidikan khusus
  5. proses dan alat evaluasi yang konsisten untuk menunjukkan dan meningkatkan efektivitas dan efisiensi
  6. peningkatan kredibilitas organisasi pendidikan
  7. sarana yang diakui untuk memungkinkan organisasi menunjukkan komitmennya terhadap praktek manajemen pendidikan dengan cara yang paling efektif
  8. model untuk perbaikan
  9. harmonisasi standar nasional dalam kerangka kerja internasional
  10. melebarkan partisipasi dari pihak yang berkepentingan
  11. stimulasi keunggulan dan inovasi

Sumber :

//www.iso.org/news/ref2284.html

//isotc.iso.org/livelink/livelink/fetch/-16211625/16211627/16213175/ISO_21001_-Briefing_Note.pdf?nodeid=17479885&vernum=-2

//www.iso.org/standard/66266.html

Leave a Reply