ISO 26262, Pastikan Kendaraan Berteknologi Canggih Tetap Aman Digunakan

posted in: Article | 0


Di dunia kita saat ini teknologi kendaraan berkembang dengan sangat cepat. Sangat penting untuk memastikan bahwa fitur-fitur elektronik baru tersebut aman digunakan masyarakat. ISO 26262 merupakan serangkaian Standar Internasional untuk keselamatan fungsional sistem listrik dan elektronik pada kendaraan. Standar ini telah diperbarui untuk menjaga industri otomotif terdepan.

Mobil telah berkembang jauh dari zaman mesin pembakaran sejak seabad yang lalu. Saat ini, tampaknya, semuanya dilakukan hanya dengan sentuhan tombol atau melalui perintah suara sederhana. Elektronik saat ini menjadi bagian utama di berbagai fungsi rumit yang ada di kendaraan  dengan teknologi yang terus berkembang.

Tetapi dengan teknologi canggih apa pun, muncul beberapa serangkaian risiko. Tujuan dari standar ISO 26262 adalah untuk mengurangi risiko-risiko tersebut dengan memberikan panduan dan persyaratan untuk keselamatan fungsional sistem listrik dan elektronik pada kendaraan jalan raya saat ini.

Standar ini diterbitkan di 12 bagian individu. ISO 26262, Kendaraan jalan – Keselamatan fungsional, baru saja diperbarui untuk mengikuti berbagai perkembangan teknologi baru dan perkembangan pesat saat ini, serta menjadi lebih relevan pada berbagai aplikasi..

Mr Susumu Akiyama, Sebagai Ketua subkomite ISO yang mengembangkan standar ini, mengatakan keselamatan fungsional untuk sistem listrik dan elektronik pada kendaraan jalan sangat penting untuk kualitas keseluruhan dan keamanan produk, serta untuk reputasi bagi pihak yang melakukan manufaktur mobil.

“Oleh karena itu, seri standar ISO 26262 adalah alat yang berguna bagi industri otomotif untuk memastikan keamanan kendaraan, dan cukup generik untuk tetap memungkinkan fleksibilitas dalam inovasi dalam pengembangannya,” katanya.

Perubahan pada versi yang baru direvisi termasuk penambahan persyaratan khusus yang penting untuk semi-konduktor serta persyaratan baru untuk sepeda motor.

Fitur keselamatan fungsional membentuk bagian integral dari setiap fase pengembangan produk otomotif, mulai dari spesifikasi dan desain hingga implementasi, integrasi, verifikasi, validasi, dan akhirnya rilis produksi. ISO 26262 mendefinisikan keselamatan fungsional untuk semua sistem yang terkait dengan keamanan elektronik dan listrik, yang mencakup seluruh siklus hidupnya termasuk pengembangan, produksi, operasi, layanan, dan penonaktifan.

Seri ini juga merinci pendekatan khusus berbasis risiko untuk menentukan kelas risiko, yang dikenal sebagai Automotive Safety Integrity Levels (ASILs). ASIL dibentuk dengan melakukan analisis risiko bahaya potensial berdasarkan tiga variabel: keparahan, probabilitas paparan dan kemampuan kontrol oleh pengemudi.

ISO 26262, Bagian 1 hingga 12, dikembangkan oleh komite teknis ISO ISO / TC 22, Kendaraan jalan, subkomite SC 32, Komponen listrik dan elektronik dan aspek sistem umum, yang sekretariatnya dipegang oleh JISC, anggota ISO untuk Jepang.

Sumber: https://www.iso.org/news/ref2358.html

Leave a Reply