ISO 30500 membantu mengembangkan teknologi toilet baru

posted in: Article | 0


Standar Internasional ISO baru untuk sistem sanitasi revolusioner diluncurkan di Reinvented Toilet Expo, didukung oleh Bill & Melinda Gates Foundation, yang diadakan di Beijing pada bulan November 2018. “Standar Internasional adalah kunci untuk kemajuan teknologi sanitasi baru dan mengembangkan industri yang menyelamatkan kehidupan,” kata Sekretaris Jenderal ISO Sergio Mujica di Reinvented Toilet Expo yang diadakan Beijing, China. Mujica berbicara di panel tingkat tinggi sebagai bagian dari pembukaan pleno yang menampilkan Bill Gates, Co-Chair dari Bill & Melinda Gates Foundation, dan Dr Jim Yong Kim, Presiden Bank Dunia, serta wakil-wakil terkemuka lainnya dari industri dan pemerintahan.

Panel, yang merupakan bagian dari pertemuan tiga-hari Reinvented Toilet Expo, membahas komitmen terhadap sanitasi yang tidak dapat dialirkan dan tindakan yang diperlukan untuk mengembangkan industri, termasuk standardisasi. Teknologi toilet yang dikembangkan adalah mengenai sistem sanitasi yang berdiri sendiri, yang secara aman menangani limbah tanpa perlu dihubungkan dengan sistem pembuangan kotoran tradisional. Ini dirancang untuk merevolusi kehidupan miliaran orang di seluruh dunia yang tidak memiliki sistem sanitasi bersih yang cukup, untuk menyelamatkan nyawa dan meningkatkan kesejahteraan.

Keynote speaker Bill Gates mengatakan: “Pameran ini menampilkan, untuk pertama kalinya, pendekatan baru yang teruji secara radikal untuk sanitasi yang akan memberikan alternatif yang efektif untuk mengumpulkan, mengelola, dan mengobati limbah manusia. Teknologi yang akan Anda lihat di sini adalah kemajuan paling signifikan dalam bidang sanitasi dalam hampir dua ratus tahun. ”

Teknologi ini dapat didukung dan dikembangkan lebih lanjut dengan peluncuran Standar Internasional pertama yang didedikasikan untuk dunia. ISO 30500, Sistem sanitasi non-sewer – Unit perawatan terintegrasi yang telah dipabrikasi – Persyaratan keselamatan dan kinerja umum untuk desain dan pengujian, memberikan persyaratan keselamatan dan kinerja yang tidak hanya akan memungkinkan pembuatannya yang efektif, tetapi juga pengembangan sektor secara keseluruhan.

Mengomentari “revolusi toilet” Tiongkok dan rencana aksi untuk kemajuan sanitasi yang aman, Gates menambahkan: “Kami berharap China mengadopsi standar tingkat tinggi (ISO 30500) untuk industri sanitasi non-sewer, yang selanjutnya akan mempercepat kepemimpinannya sektor sanitasi komersial baru. ”

Sorotan lain dari acara ini termasuk “seri pembuat perubahan sanitasi”, yang menampilkan anggota dari pemerintah, industri, dan organisasi internasional yang membagikan kisah dan pencapaian mereka yang menginspirasi untuk meningkatkan layanan sanitasi bagi 4,5 miliar orang di seluruh dunia yang hidup tanpa mereka.

Reinvented Toilet Expo adalah pertemuan puncak tiga hari bagi pemerintah, bank pembangunan, dan pemimpin sektor swasta yang ingin mempercepat penerapan teknologi sanitasi inovatif di daerah-daerah berkembang di seluruh dunia. Teknologi ini berada di garis terdepan dari gerakan yang berkembang untuk meningkatkan sanitasi bagi penduduk termiskin di dunia dan berkontribusi terhadap target air dan sanitasi global yang digariskan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDG) 6.

Expo ini menampilkan perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia yang menampilkan solusi sanitasi baru yang menghilangkan patogen berbahaya dan mengubah limbah menjadi produk sampingan tanpa perlu melekat pada saluran utama.

Ini juga menyoroti publikasi terbaru ISO 30500 dan fakta bahwa banyak teknologi dan produk baru di bidang ini diharapkan memenuhi persyaratan standar untuk menunjukkan bahwa mereka aman dan bekerja secara efektif.

 

Sumber: https://www.iso.org/news/ref2346.html

Leave a Reply