ISO 37101, Panduan Pembangunan Berkelanjutan bagi Komunitas

posted in: Article | 0

ISO 37101 - Panduan Pembangunan Berkelanjutan

Bagaimana komunitas bisa menjadi lebih berkelanjutan? Strategi apa yang harus mereka mengadopsi? Sebuah standar ISO baru akan membantu masyarakat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan menempatkan kerangka kerja untuk menjadi lebih berkelanjutan dan tangguh. Urbanisasi, baik di negara maju dan negara berkembang, membawa serta tantangan bagi otoritas lokal, nasional dan regional terkait, misalnya, untuk distribusi manusia dan sumber daya, atau penggunaan lahan.

Standar Internasional baru, ¬†ISO 37101 ‚Äď Sistem Manajemen untuk Pembangunan Berkelanjutan, akan mendukung masyarakat untuk menempatkan strategi pembangunan berkelanjutan yang memperhitungkan konteks ekonomi, sosial dan lingkungan mereka. Standar ini juga akan mendorong masyarakat untuk menjadi lebih proaktif dan membantu mereka menunjukkan pihak yang berkepentingan bahwa sistem manajemen yang mereka jalankan sesuai dengan lokasi mereka.

Keberhasilan pelaksanaan standar ini akan memberikan manfaat berikut:

  • Menghasilkan dan membangun konsensus tentang pembangunan berkelanjutan dalam masyarakat
  • Meningkatkan keberlanjutan, kecerdasan dan ketahanan strategi, program atau rencana yang dilakukan di bawah tanggung jawab masyarakat.
  • Meningkatkan lingkungan setempat, membuat tempat lebih nyaman dan sehat bagi warga, dan membangun komunitas yang lebih baik dapat mengantisipasi dan beradaptasi dengan bencana alam, guncangan ekonomi dan perubahan iklim.

ISO 37101, sebuah pendekatan multi-aktor

ISO 37101 berfokus pada masyarakat sebagai batu loncatan menuju keberlanjutan masyarakat secara keseluruhan. Masyarakat terdiri dari berbagai entitas dan orang-orang yang tinggal, bekerja dan berinteraksi satu sama lain. Oleh karena itu, standar ini akan melibatkan pihak yang berkepentingan dalam dialog untuk solusi yang lebih berkelanjutan sebagai titik kunci ketika menerapkan standar.

Bernard Gindroz, Ketua ISO / TC 268, mengatakan: “Tujuan dari standar adalah semua tentang membantu masyarakat untuk menempatkan rencana pembangunan berkelanjutan dengan semua aktor yang bersangkutan. Intinya adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin orang untuk berdiskusi dan berdialog ¬†tentang bagaimana mengembangkan strategi pembangunan berkelanjutan untuk masyarakat”.

ISO 37101, seperti standar sistem manajemen lainnya, berdasarkan siklus perbaikan terus-menerus Plan-Do-Check-Act. Ini berarti bahwa pengguna diharuskan untuk menyesuaikan tujuan dan strategi mereka secara teratur untuk memastikan mereka terus-menerus bergerak maju. ISO 37101:2016 dikembangkan oleh panitia teknis ISO ISO / TC 268, yang sekretariatnya saat ini dipegang oleh AFNOR, anggota ISO untuk Perancis.

Source: http://www.iso.org

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *