Kerangka Referensi untuk Internet of Things

posted in: Article | 0


Jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan internet di seluruh dunia terus bertambah setiap harinya. Fenomena yang dikenal sebagai “Internet of Things” ini akan mempengaruhi setiap area kehidupan kita. Standar Internasional yang baru diterbitkan akan membantu memastikan sistem ini berjalan mulus, lebih aman, dan jauh lebih tangguh.

Mulai dari kendaraan tanpa pengemudi, pertanian dengan presisi, manufaktur pintar, e-health dan kota pintar, Internet of Things (IoT) sudah ada di mana-mana dan terus berkembang. Hal ini melibatkan integrasi berbagai “benda” dalam sistem IT, sehingga memungkinkan perangkat elektronik untuk berinteraksi dengan dunia fisik.

Aplikasi IoT memang tidak memiliki batasan. Tapi ketika fenomena ini “meledak”, meningkat pula tuntutan pada keamanan, kepercayaan, dan basis dari mana teknologi dapat dikembangkan lebih lanjut, dengan langkah-langkah dan sistem yang robust.

ISO / IEC 30141, Internet of Things (IoT) – reference architecture, menyediakan Arsitektur Referensi IoT berstandar internasional menggunakan kosakata umum, desain yang dapat digunakan kembali dan praktik terbaik industri.

Dr François Coallier, ketua komite teknis gabungan ISO dan Komisi Teknis Internasional (IEC) yang mengembangkan standar, mengatakan IoT berkembang pesat karena perkembangan pesat dalam ICT.

“Jadi kami melihat perlunya arsitektur referensi untuk memaksimalkan manfaat dan mengurangi risiko,” katanya.

ISO / IEC 30141 bertujuan untuk melakukan hal tersebut, menyediakan kerangka kerja umum untuk perancang dan pengembang aplikasi IoT dan memungkinkan sistem yang “dapat dipercaya”, yang berarti mereka dapat diandalkan, aman, nyaman, menghormati privasi dan dapat menahan gangguan seperti bencana alam dan serangan.

“Sudah ada banyak standar yang diterbitkan untuk ketahanan, keselamatan dan keamanan,” tambah Coallier, “dan standar ini akan memberikan referensi arsitektur untuk menerapkannya pada sistem IOT.”

ISO / IEC 30141 dikembangkan oleh komite teknis gabungan ISO / IEC JTC 1, Teknologi informasi, subkomite SC 41, Internet of Things dan teknologi terkait, sekretariat yang dipegang oleh KATS, anggota ISO untuk Korea.

 

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2340.html

Leave a Reply