Kompetensi yang Harus Dimiliki Auditor Internal ISO 14001

posted in: Article | 0

Kompetensi yang Harus dimiliki Auditor Internal ISO 14001

Audit internal adalah salah satu fungsi utama untuk menjaga keunggulan dalam Sistem Manajemen Lingkungan. Jika Anda memiliki Sistem Manajemen Lingkungan berdasarkan ISO 14001, maka Anda akan memahami pentingnya fungsi audit internal dalam menerapkan dan  mempertahankan standar kinerja sistem setelah audit itu sendiri. Sebagai salah satu fungsi kunci dalam EMS, audit internal dapat mengidentifikasi kesenjangan dalam kinerja atau proses serta ketidakpatuhan terhadap undang-undang dan standar itu sendiri. Mengingat efektivitas audit internal itu sendiri seringkali bergantung pada keahlian, pengetahuan, dan kemampuan dari orang yang ditunjuk untuk melakukan audit. Menugaskan fungsi penting ini pada seseorang merupakan  keputusan yang cukup serius. Jadi, kompetensi apa saja yang harus dimiliki seorang internal auditor ISO 14001?

Ada banyak keterampilan, kompetensi, dan kualifikasi yang dapat membantu seseorang menjadi internal auditor. Menurut kepercayaan umum dalam komunitas bisnis kombinasi dari ketiganya dapat membantu membuat auditor menjadi efektif. Mari kita lihat beberapa atribut yang diinginkan secara terpisah:

  • Pelatihan Formal: Apakah tersedia pelatihan eksternal atau internal, pelatihan auditor resmi dapat membantu dalam memberikan auditor Anda dasar untuk menjadi auditor internal yang efektif. Ada banyak pilihan pelatihan yang tersedia, dengan menghubungi penyedia pelatihan Anda dapat memastikan standar pelatihan yang diberikan adalah standar yang dapat diterima di industri Anda.
  • Pendidikan: Meskipun tidak dianggap wajib untuk posisi seperti ini, orang-orang dengan kualifikasi di beberapa disiplin ilmu (misal teknik lingkungan ataupun K3) dapat menjadi auditor yang lebih efektif daripada yang lain (misal akuntan, perencana keuangan).
  • Kompetensi: Karyawan dengan keterampilan tertentu mungkin bisa menjadi auditor yang lebih efektif daripada yang lain. Orang-orang proses produksi atau desain produk yang kompleks mungkin memiliki mata yang superior untuk detail daripada individu yang bekerja di bidang kreatif, misalnya. Akan sangat membantu untuk mempertimbangkan sifat kepribadian tertentu ketika mempertimbangkan calon untuk pelatihan audit internal.
  • Kepribadian: Sebagaimana ditunjukkan di atas, orang-orang tertentu mungkin memiliki kepribadian yang lebih baik daripada yang lain untuk tugas ini. Rasa ingin tahu dan perhatian terhadap detail akan membantu seorang auditor internal. Auditor juga perlu memiliki sikap komunikator yang efektif, karena fungsi ini pasti akan membutuhkan banyak kontak dengan karyawan lain dan stakeholder Sistem Manajemen Lingkungan.
  • Memiliki Pengetahuan Terkait: Memiliki pengetahuan tentang ISO 14001 juga merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dibutuhkan dalam memastikan bahwa SML Anda telah memenuhi semua kepatuhan legislatif dan standar ISO 14001. Auditor internal juga akan menjadi jauh lebih efektif jika dia memiliki pengetahuan tentang proses internal dan semua input dan output yang terkait.
  • Pengalaman: Cukup beralasan untuk mengatakan bahwa pengalaman dalam fungsi audit internal, proses perusahaan secara umum, dan unsur-unsur yang serupa dalam peran sebelumnya dapat membantu auditor menjadi efisien. Seorang karyawan yang berpengalaman akan cenderung memiliki keunggulan atas karyawan baru ketika menganalisis isu-isu penting untuk pemeriksaan di audit internal.

Demikian penjelasan kami mengenai Kompetensi yang harus dimiliki auditor internal ISO 14001. Untuk info pelatihan terkait ISO dan sejenis bisa Anda dapatkan di laman berikut.

Leave a Reply