Koreksi Bias Pada Kalibrasi Alat Ukur

posted in: Article | 0

 

Kalibrasi merupakan proses untuk mengevaluasi dan menyesuaikan akurasi dari alat ukur. Kalibrasi yang tepat dari instrumen dapat membuat lingkungan kerja yang aman dan menghasilkan data yang valid untuk referensi.

Kalibrasi instrumen dimaksudkan untuk menghilangkan atau mengurangi bias dalam pembacaan instrumen atas kisaran untuk semua nilai yang berkelanjutan.

Ada 2 istilah yang sering di dengar dalam kalibrasi yaitu :

  • Presisi adalah pengukuran yang dilakukan secara berulang dalam kondisi tidak berubah dan tetap menunjukkan hasil yang sama.
  • Akurasi adalah tingkat kedekatan pengukuran kuantitas untuk nilai benar yang sebenarnya.

Standar referensi dengan nilai-nilai yang diketahui untuk titik terpilih, meliputi berbagai kepentingan yang di ukur dengan instrumen bersangkutan. Kemudian hubungan fungsional terdiri antara nilai standar dan pengukuran yang sesuai.

Ada 2 situasi dasar :

  • Instruments which require corection for bias : Instrumen membaca dalam satuan yang sama sebagai standar acuan. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk mengidentifikasi dan menghilangkan bias dalam instrumen terhadap unit yang didefinisikan oleh pengukuran. Misalnya, Optical Imaging System yang mengukur lebar garis pada semikonduktor yang terbaca pada mikrometer. Meskipun demikian, instrumen ini harus dikalibrasi dengan standar referensi yang tertelusur di Internasional.
  • Instrument whose measurements act as surrogates for other measurements : Kondisi seperti ini, Instrumen membaca dalam unit yang berbeda dari standar referensi. Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk mengkonversi pembacaan instrumen unit of interest. Contohnya adalah pengukuran densitometer yang bertindak sebagai pengganti untuk pengukuran dosis radiasi. Hal ini bertujuan untuk di jadikan standar referensi radiasi pada beberapa tingkat dosis dan kemudian di ukur dengan radiometri. Standar acuan yang sama di ukur dengan densitometer. Hasil yang di kalibrasi pembacaan densitometer pada perangkat medis menjadi dasar untuk memutuskan perangkat telah di sterilkan pada tingkat radiasi yang tepat.

Sumber :  www.chemwiki.ucdavis.edu

Leave a Reply