Manfaat Menggunakan Badan Sertifikasi Terakreditasi

posted in: Article | 2

Badan sertifikasi yang terakreditasi adalah organisasi yang diakreditasi oleh badan akreditasi yang diakui. Badan sertifikasi diakreditasi karena kompetensinya untuk mengaudit dan mengeluarkan sertifikasi memastikan bahwa organisasi telah memenuhi persyaratan standar (misalnya ISO 9001 atau ISO 14001). Ada banyak manfaat menggunakan badan sertifikasi yang terakreditasi saat ingin memperoleh sertifikat ISO untuk organisasi Anda.

Apa itu akreditasi ?

Akreditasi berarti bahwa terdapat badan independen obyektif yang mengakui bahwa sebuah organisasi memenuhi syarat untuk menyediakan suatu layanan khusus (dalam hal ini audit dan sertifikasi). Badan akreditasi harus menilai apakah fasilitas, prosedur, dan staf badan sertifikasi dapat diterima. Penilaian dilakukan berdasarkan serangkaian kriteria yang menjelaskan tingkat kemampuan dan kompetensi yang dapat diterima.

Ada banyak perusahaan badan sertifikasi yang menawarkan layanan mereka untuk mengaudit dan menentukan apakah sebuah organisasi memenuhi persyaratan standar tertentu. Namun, tidak semua badan sertifikasi memiliki akreditasi. Suatu organisasi dapat memutuskan untuk meminta sertifikasi dari badan sertifikasi manapun baik yang terakreditasi ataupun tidak terakreditasi. Meskipun demikian, memilih badan sertifikasi yang terakreditasi dapat membawa beberapa manfaat sebagai berikut ke sebuah organisasi:

  • Organisasi dapat yakin terhadap kemampuan badan sertifikasi, karena akreditasi yang dimilikinya menunjukkan penilaian independen atas kredibilitasnya untuk melakukan sertifikasi sistem manajemen.
  • Ini memberikan kepastian bahwa sertifikasi benar-benar dilakukan berdasarkan kesesuaian dengan praktik dan prosedur yang berlaku secara internasional, sehingga menunjukkan kredibilitas sertifikat tersebut.
  • Banyak klien dan pelanggan meminta perusahaan memiliki sistem manajemen yang disertifikasi oleh badan sertifikasi terakreditasi.
  • Badan sertifikasi yang terakreditasi dilarang untuk menawarkan layanan konsultasi dan registrasi sekaligus kepada satu organisasi. Hal ini untuk memastikan bahwa nilai sertifikat tidak akan terpengaruhi oleh kepentingannya yang juga bertindak sebagai konsultan; Di sisi lain, beberapa badan sertifikasi yang tidak terakreditasi memang menawarkan kedua layanan tersebut sebagai satu paket untuk menawarkan harga yang lebih kompetitif walaupun nantinya membahayakan kredibilitas sertifikat.
  • Akreditasi menjamin organisasi bahwa badan sertifikasi memenuhi persyaratan yang diperlukan secara berkelanjutan.
  • Badan sertifikasi terakreditasi dapat memastikan bahwa auditor yang dipilih memenuhi kualifikasi, dan bahwa audit sertifikasi akan efektif dan obyektif.
  • Akreditasi memberikan perlindungan tambahan terhadap aktivitas yang tidak tepat dan tidak benar.
  • Untuk mempertahankan akreditasi, badan sertifikasi ditekan untuk menerapkan standar dan praktik sertifikasi dengan sanksi internasional di dalam organisasinya dan di antara auditornya.
  • Badan akreditasi seringkali ditetapkan dan didukung oleh pemerintah daerah.

Organisasi yang memilih badan sertifikasi terakreditasi dan mengembangkan hubungan aktif dengannya akan dapat memastikan nilai sertifikat yang dimilikinya. Mereka juga dapat menjamin pelanggan dan klien mereka bahwa sistem manajemen mereka telah disertifikasi oleh audit yang tidak bias, objektif dan profesional.

Sumber: isoupdate.com

2 Responses

  1. doni

    Tulisan yang sangat menarik dan semoga memberi kesadaran bagi perusahaan yang akhir-akhir hanya mengejar sertifikat ISO abal-abal karena sertifikat tersebut dari lembaga sertifikasi yang tidak terakreditasi.

Leave a Reply