Memahami Rencana Manajemen Aset Strategis Menggunakan ISO 55001

posted in: Article | 0


Memahami ISO 55001

ISO 55001 adalah standar ISO yang menetapkan prasyaratan untuk sistem manajemen aset. Standar ini memberikan kerangka kerja untuk pembentukan dan pengaturan tujuan, kebijakan, proses, pemerintahan, dan fasilitas yang terlibat dalam usaha organisasi untuk mencapai tujuan dan sasaran mereka. Standar ini menyoroti pentingnya memiliki sistem manajemen.

ISO 55001 tidak memasukkan atau memberikan spesifikasi finansial, teknis, atau akuntansi tertentu untuk mengelola berbagai jenis aset. ISO 55001 menggunakan sistem yang terorganisir dan efektif untuk mendorong peningkatan dan penciptaan nilai yang berkelanjutan. Hal ini dimungkinkan dengan mengelola semua aset secara efektif termasuk biaya, risiko, dan kinerja yang terkait dengan aset-aset ini.

ISO 55001 dilengkapi oleh dua tambahan lainnya dalam kategori ini yaitu ISO 55002 dan 55000. Mereka menyediakan prinsip, ikhtisar, aplikasi, panduan, dan terminologi.

 

Pentingnya ISO 55001

Memahami dan memenuhi persyaratan ISO 55001 dapat memberikan dukungan kepada organisasi yang menginginkan budaya yang lebih proaktif dan ingin terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi mereka dengan menciptakan nilai maksimum dari aset mereka. ISO 55001 juga menunjukkan komitmen untuk mengelola dan mengoptimalkan biaya, risiko, dan kinerja kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat.

Karena ISO 55001 adalah standar yang diakui secara global, standar ini menyediakan organisasi di seluruh dunia dengan bahasa yang umum dan kerangka kerja yang konsisten dan selaras dengan standar manajemen lainnya. Hal ini memungkinkan kerja sama yang lancar antar berbagai departemen dari suatu organisasi.

 

Manfaat Utama Mematuhi ISO 55001

  1. Kinerja Optimal

Sistem manajemen ini memungkinkan organisasi untuk mengelola peluang dan aset dalam jangka panjang dan pendek, efektif dan efisien. Dengan cara ini, mereka dapat memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi kinerja dan menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial.

  1. EfisiensiBiaya

Sistem yang efektif untuk mengelola sistem seperti ISO 55001 dapat meningkatkan ROI (Return On Investment) organisasi, dan mengurangi biaya operasional. Semua ini tercapai tanpa memengaruhi kinerja organisasi atau mengorbankan nilai dan komitmennya.

  1. Manajemen Risiko yang Lebih Baik

Dengan secara teratur meninjau berbagai prosedur operasional, proses dan mengelola aset, organisasi dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan mengurangi risiko yang terlibat.

  1. Peningkatan Terjamin dan Pertumbuhan Bisnis

Sistem efektif untuk mengelola aset mendorong pertumbuhan dan peningkatan di semua sektor organisasi dan memfasilitasi koordinasi antar departemen. Dengan demikian, meningkatkan komunikasi dan pemahaman tentang tujuan dan nilai-nilai organisasi.

  1. Pengambilan Keputusan yang Efektif

Ketika semua aset dikelola secara efektif dan dioptimalkan untuk sejajar dengan standar manajemen lain serta dengan tujuan dan sasaran organisasi, maka organisasi dapat membuat keputusan yang lebih efektif dan praktis yang semakin meningkatkan kemungkinan mewujudkan sasaran.

  1. Meningkatkan Reputasi Organisasi

Mematuhi ISO 55001 menunjukkan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal bahwa organisasi melakukan manajemen aset secara serius dan berkomitmen untuk meningkatkan kinerja.

 

Untuk siapa ini?

Mengelola aset adalah suatu hal yang harus dipertimbangkan sebagai prioritas bagi setiap organisasi. Ia membantu organisasi mengoptimalkan kinerja, merampingkan produksi dan operasi, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, dan membantu mereka menjadi lebih proaktif dan bertanggung jawab secara sosial. Oleh karena itu, ISO 55001 lebih kurang dapat diibaratkan sebagai barang pokok untuk setiap organisasi

Sumber: http://isoupdate.com/resources/understanding-strategic-asset-management-plans-using-iso-55001/

Leave a Reply