Membawa Pembangunan Berkelanjutan ke Pemerintah Daerah dengan ISO 18091

posted in: Article | 0

Dengan amanat untuk mengelola banyak hal mulai dari transportasi, saluran pembuangan, penerangan umum dan perlindungan sipil, tidak heran warga berharap banyak dari pemerintah daerah. Pedoman ISO 18091 yang baru direvisi ini membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kinerja mereka dan menyelaraskannya dengan kebutuhan dan harapan masyarakat setempat, sehingga masyarakat dapat menjadi lebih sehat dan lebih bahagia.

Sektor publik adalah penyedia layanan terbesar di negara mana pun, menawarkan beragam layanan yang secara langsung memengaruhi kehidupan penduduk. Tantangannya banyak, termasuk untuk menyeimbangkan harapan warga negara dengan kendala anggaran, dampak lingkungan, dan perubahan demografis. Dalam masa ekonomi yang sulit ini, pemerintah daerah perlu mengelola sumber daya dan proses yang tersedia secara efektif dan bekerjasama sebagai suatu sistem.

Di sinilah ISO 18091, Sistem manajemen mutu – Pedoman penerapan ISO 9001 di pemerintah daerah, membuat perbedaan nyata. Standar ini bertujuan untuk membantu otoritas lokal mempertahankan tingkat layanan yang tinggi sambil meningkatkan keberlanjutan. ISO 18091 memberikan model dan alat diagnostik untuk menerapkan sistem manajemen kualitas komprehensif yang akan berkontribusi untuk membuat otoritas lokal efisien dan dapat diandalkan.

Menurut spesialis pemerintah daerah Carlos Gadsden, Ketua komite teknis yang merevisi standar ini, kita dapat membangun pemerintah daerah, nasional dan global yang lebih kuat hanya dengan memperkuat integritas dalam pemerintahan lokal. Dia mengatakan: “ISO 18091 merupakan alat yang sangat baik bagi pemerintah daerah untuk meyakinkan warga bahwa kebutuhan dan harapan mereka sepenuhnya dipahami dan dipenuhi secara konsisten dan tepat waktu.”

ISO 18091 adalah standar ISO pertama yang diarahkan pada sektor publik yang memberikan pedoman untuk penerapan ISO 9001 di pemerintah daerah, dengan mempertimbangkan konteks operasinya. Standar ini telah diperbarui untuk memasukkan persyaratan ISO 9001: 2015 untuk sistem manajemen mutu dan serangkaian lampiran untuk membantu pengguna mendapatkan hasil maksimal dari standar, termasuk metodologi diagnostik untuk otoritas lokal untuk mengevaluasi ruang lingkup dan kematangan proses dan layanan mereka.

Seperti yang dijelaskan Gadsden, ini bukan hanya dokumen teknis untuk teknisi, tetapi alat penting bagi politisi untuk membuat “layak secara politik” apa yang secara teknis diperlukan di pemerintah daerah dan wilayah mereka. “Ini akan membantu mereka menjadi lebih efisien, sehingga menghemat sumber daya, mengimplementasikan pengambilan keputusan berbasis bukti, meningkatkan keterlibatan dan, pada akhirnya, menanamkan SDG dalam konteks lokal.” ISO 18091 dikembangkan oleh ISO / TC 176, Manajemen mutu dan jaminan kualitas, komite teknis di belakang ISO 9001, yang sekretariatnya dipegang oleh SCC, anggota ISO untuk Kanada.

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2378.html

Leave a Reply