Menetapkan harga dengan benar dengan ISO 21041

posted in: Article | 0

`Transparansi harga adalah salah satu cara untuk mendapatkan kepercayaan konsumen dengan membuat pilihan pembelian lebih mudah. Standar baru untuk penetapan harga unit akan membantu konsumen membandingkan produk dengan cepat dan efektif, solusi win-win untuk semua.

Harga unit – atau harga komparatif – adalah cara bagi pengecer untuk menunjukkan harga komoditas dalam kaitannya dengan satuan ukuran standar, seperti kilogram atau liter. Misalnya, untuk karton susu 500 ml yang ditawarkan seharga USD 1,95, harga satuannya adalah USD 3,90 per liter.

Namun, ini tidak selalu konsisten di seluruh pengecer atau produk. Hal ini menciptakan lapisan kebingungan tambahan bagi pembeli dan mempengaruhi kepercayaan konsumen. ISO 21041, Panduan harga unit, bertujuan untuk menjernihkan kebingungan dengan mendefinisikan sistem penetapan harga unit dan meningkatkan transparansi informasi penentuan harga.

Dalam penelitian terbaru yang dilakukan oleh Queensland University of Technology, Australia, konsumen melaporkan kemampuan yang secara signifikan lebih besar untuk memproses informasi harga dan keyakinan yang lebih tinggi dalam penilaian harga mereka ketika harga unit disajikan secara konsisten di dalam toko. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa presentasi harga satuan standar dikaitkan dengan sikap yang lebih baik terhadap pengecer. John Furbank, Ketua komite proyek ISO yang mengembangkan standar, mengatakan bahwa dengan menyederhanakan perbandingan harga produk, ISO 21041 akan menguntungkan pengecer dan konsumen.

“Belanja tidak pernah lebih rumit, dengan tidak hanya pilihan yang lebih besar tetapi juga kemasan yang lebih luas, dalam hal bobot dan ukuran,” katanya.

“Penelitian di Queensland menunjukkan bahwa informasi harga satuan yang jelas dan efektif tidak akan selalu mendorong konsumen untuk hanya membeli produk termurah, tetapi memungkinkan mereka untuk membuat pilihan yang lebih terinformasi – dan itu akan memberikan efek positif pada pengecer.

“ISO 21041, kemudian, adalah alat utama untuk pengecer, memungkinkan mereka untuk memberikan harga yang jelas dan konsisten, akhirnya membangun kepercayaan dan kesetiaan sebagai hasilnya.”

Standar ini memberikan panduan tentang bagaimana harga unit harus ditampilkan di toko (baik di-rak dan di kemasan), online dan dalam iklan. Ini juga menyoroti pentingnya kejelasan dan pendidikan konsumen.

ISO 21041 dikembangkan oleh komite proyek ISO ISO / PC 294, Panduan harga unit, sekretariat yang dipegang oleh Standar Australia, anggota ISO untuk negara tersebut.

Sumber: www.iso.org/news/ref2349.html

 

Leave a Reply