Panduan untuk mengintegrasikan standar sistem manajemen baru saja diperbarui

posted in: Article | 0


Jumlah sistem manajemen telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mencerminkan kebutuhan dan tuntutan dari semakin banyak organisasi yang ingin meningkatkan kinerja mereka di berbagai bidang dan sektor. Dan sebagian besar organisasi memiliki lebih dari satu jenis sistem manajemen. Panduan dari ISO yang berguna untuk mengintegrasikan standar sistem manajemen tersebut baru saja diperbarui.

Mulai dari meningkatkan kualitas, efisiensi energi, kinerja lingkungan, atau bahkan lalu lintas jalan, penggunaan sistem manajemen telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini mencerminkan lingkungan dan konteks operasi yang semakin kompleks. Usaha untuk kinerja & peningkatan berkelanjutan telah mendorong kebutuhan pada buku pegangan untuk memandu organisasi melalui desain sistem manajemen yang efektif, lincah, dan terintegrasi.

ISO 9001 (mutu), ISO 50001 (energi) dan ISO 14001 (lingkungan) adalah beberapa standar sistem manajemen ISO yang paling terkenal dan digunakan di antara banyak standar sistem manajemen lainnya, yang juga mencakup bidang-bidang seperti sebagai kesehatan dan keselamatan (ISO 45001), keamanan pangan (ISO 22000), pendidikan (ISO 21001) dan teknologi informasi (ISO 27001). Tidak seperti jenis standar lain, standar sistem manajemen berdampak pada banyak aspek dan fungsi yang berbeda pada organisasi, dan semakin banyak perusahaan yang memiliki lebih dari satu.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 2008, The Integrated Use of Management System Standards, buku pegangan ini menyatukan expertise internasional, beragam ekstrak dan implementasi kasus industri, dan panduan praktik terbaik dalam mengintegrasikan standar sistem manajemen. Panduan ini baru saja diperbarui untuk mencerminkan sejumlah besar perubahan yang terjadi pada standar ISO dan non-ISO.

Michael McLean, Convenour dari kelompok kerja ISO yang mengembangkan buku pegangan ini, mengatakan memiliki sistem manajemen yang terintegrasi secara efektif dapat membantu organisasi dalam berbagai cara.

“Banyak organisasi mendapat manfaat dari berbagai sistem manajemen untuk membantu mereka memastikan sistem dan proses sejalan dengan tujuan mereka dan membantu mereka mempertahankan model bisnis mereka melalui lingkungan yang selalu berubah,” katanya.

“Buku pegangan ini memberikan panduan praktis bagi organisasi untuk secara efektif menyelaraskan sistem manajemen mereka dengan strategi, rencana, dan operasi mereka. Ini menonjolkan ilustrasi yang diterapkan dalam konteks organisasi dunia nyata dan studi kasus yang relevan, yang semuanya dapat diterapkan untuk semua jenis sektor dan industri. Ini berlaku untuk semua jenis standar sistem manajemen, bukan hanya yang diterbitkan oleh ISO. ”

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2347.html

Leave a Reply