Pentingnya Kalibrasi Dan Manfaat Kalibrasi Alat Ukur

| 0

Kalibrasi diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan sudah akurat. Hasil pengukuran yang tidak konsisten akan berdampak langsung terhadap kualitas produk.

Kalibrasi merupakan proses pengecekkan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkan suatu standar yang tertelusur dengan standar Nasional maupun Internasional dan bahan-bahan acuan yang tersertifikasi.

Alat ukur yang paling mahalpun juga bisa rusak karena kurangnya akurasi setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Dilakukannya kalibrasi alat ukur bukan hanya untuk memenuhi salah satu persyaratan Sistem Manajemen Mutu, Sistem Manajemen Lingkungan ataupun Sistem Manajemen K3.

Padahal manfaat kalibrasi sesungguhnya banyak sekali, diantaranya :

 

  1. Menjamin nilai ukuran yang dihasilkan tertelusur.

Dengan mengkalibrasi alat ukur di laboratorium yang terakreditasi, maka hasil ukur dapat diterima dimanapun, karena semua laboratorium kalibrasi akan mengacu pada sumber yang sama yaitu Standar Satuan Internasional.

 

  1. Menghindari cacat produk.

Jika alat ukur tidak di kalibrasi atau masa kalibrasinya telah lewat, namun masih di gunakan untuk mengukur suatu produk. Bagaimana jika ternyata terdapat penyimpangan yang besar? Tentunya akan sangat merugikan bukan? Anda dapat menyingkirkan kekhawatiran ini dengan melakukan kalibrasi secara berkala di laboratorium kalibrasi yang terakreditasi!

 

  1. Menjaga kondisi alat ukur agar tetap sesuai dengan spesifikasinya.

Alat ukur dapat mengalami penurunan performa setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu. Dengan melakukan kalibrasi secara rutin, Anda dapat mengetahui apakah alat ukurnya masih sesuai dengan spesifikasi atau harus diperbaiki atau bahkan perlu untuk melakukan penggantian.

 

  1. Menghindari resiko bahaya dan meminimalisir kecelakaan kerja.

Bagaimana kondisi penerangan di pabrik Anda? Bagaimana tingkat kebisingan di tempat kerja Anda? Tentunya intensitas cahaya dan tingkat kebisingan perlu diukur bukan? Nah, alat-alat ukur yang berhubungan dengan Safety pun harus Anda kalibrasi secara berkala, demi keselamatan kerja.

 

Itulah alasan mengapa melakukan kalibrasi alat ukur itu sangat penting. Setujukah Anda?

 

Sumber : Ririn Puji Astuti

Leave a Reply