Peran ISO 9001:2015 dalam Memelihara Tingkat Layanan

posted in: Article | 0

peran-iso-9001-dalam-memelihara-tingkat-layanan

ISO 9001 adalah standar internasional yang menetapkan kriteria untuk SMM (Sistem Manajemen Mutu) yang memungkinkan organisasi dari berbagai ukuran untuk memberikan produk yang berkualitas baik, dan konsisten. Telah diterima secara luas dalam komunitas bisnis global bahwa menerapkan ISO 9001 dapat membawa banyak manfaat bagi organisasi. Setelah menerapkan ISO 9001 dalam jangka waktu yang lama, pelanggan Anda akan tetap mengharapkan produk dan jasa Anda untuk memiliki kualitas yang sama dan konsistensi seperti semula. Jadi, apakah ada bagian dari ISO 9001 yang akan membantu organisasi untuk memastikan hal ini ?

ISO 9001: 2015 – Bisakah membantu mempertahankan tingkat layanan dan produk ?

ISO 9001 didasarkan pada sejumlah prinsip manajemen mutu, seperti fokus pelanggan, keterlibatan manajemen, perbaikan terus-menerus, definisi konteks organisasi, dan perbaikan berkesinambungan. Semua komponen ini memiliki bagian penting dalam SMM, tapi khusus untuk menjaga kualitas produk dan layanan dalam periode yang lama, apa bagian dari standar yang harus kita berikan perhatian khusus? Mari kita simak dan analisa bagaimana mereka dapat membantu:

  • Informasi terdokumentasi: Peta proses dan laporan kerja dapat membantu memastikan bahwa rincian penting dari proses organisasi dapat dipertahankan. Hal ini merupakan hal penting dalam mempertahankan tingkat produk dan layanan.
  • Pengendalian penyediaan layanan dan perubahan: klausul ini memastikan bahwa organisasi Anda dapat menjaga proses yang konsisten. Hal ini memastikan juga perubahan pada organisasi dapat secara efektif diimplementasikan dengan efek minimum pada kualitas layanan atau produk.
  • Kompetensi dan kesadaran: Poin ini adalah faktor penting lain dalam menjaga konsistensi layanan atau produk. Poin ini memastikan karyawan Anda memiliki pengetahuan, kesadaran dan informasi dari semua persyaratan (baru dan yang sudah ada), sehingga bisa membantu mewujudkan pelayanan yang konsisten. Kompetensi dan kesadaran bisa datang dalam berbagai bentuk, mulai dari memastikan staf Anda memiliki pengetahuan tentang perubahan target atau persyaratan ISO 9001, dan sebagainya.
  • Audit internal: Ini adalah bagian penting dari ISO 9001. Salah satu cara dalam memastikan proses internal Anda tetap efektif adalah dengan memastikan bahwa audit internal berjalan secara relevan dan akurat, dan di ikuti tindakan korektif yang tegas dan efektif.
  • Kepuasan pelanggan: Ini mungkin refleksi yang paling akurat dari produk atau layanan yang organisasi sediakan. Pastikan opini pelanggan diambil secara teratur dan objektif, tinjau kembali hasilnya dan ambil tindakan yang sesuai. Memastikan harapan pelanggan Anda sesuai dengan produk atau layanan yang Anda sediakan adalah indikator sebenarnya dari keberhasilan atau kegagalan organisasi Anda.

Jadi, kita bisa melihat ada beberapa bagian dari standar ISO 9001: 2015 yang dapat membantu kita menyelaraskan produk dan layanan dengan harapan pelanggan. Dan ada juga beberapa unsur dari klausa yang dapat membantu memastikan bahwa organisasi dapat memberikan produk dan layanan yang berkualitas secara konsisten.

Demikian penjelasan dari kami. Untuk info pelatihan terkait Sistem Manajemen ISO dan sejenis bisa anda dapatkan di laman berikut..

Sumber: https://advisera.com

Leave a Reply