Sepenting Apa Sertifikasi ISO?

posted in: Article, Artikel | 0

Sepenting Apa Sertifikasi ISO?

 

Mutu dan kualitas produk merupakan hal dasar yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk bisa bertahan di tengah perkembangan pasar hari ini. Hal ini bisa dicapai dengan adanya standar kerja yang efektif dan efisien, serta bertaraf internasional, sehingga perusahaan pun mampu untuk bersaing secara global.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh perusahaan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas serta mutu produk yaitu dengan menerapkan standar ISO yang meliputi berbagai sektor dan lini di perusahaan. ISO juga berlaku secara internasional yang telah diterapkan di berbagai negara.

Pengertian ISO

ISO merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization yaitu sebuah lembaga non-pemerintah dengan keanggotaan lebih dari 160 negara yang memiliki kewenangan untuk menetapkan standar meliputi sistem, produk/jasa untuk menjaga kualitas, keamanan dan efisiensi. Penerapan ISO bertujuan untuk membantu perusahaan agar bisnis dikelola dengan standar yang tepat dan konsisten. 

Meski berlaku secara internasional, namun perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk menerapkan ISO. Namun, bagi perusahan yang menerapkan ISO, akan mendapatkan sertifikasi sebagai bentuk jaminan bahwa sistem atau kualitas produk dijalankan sesuai standar internasional.

 

Apa Saja Manfaat ISO?

Apa Saja Manfaat ISO?

ISO memberikan manfaat yang cukup banyak bagi perusahaan, terutama dalam menetapkan standar kerja agar seluruh departemen menjalankan sistem berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan. Sehingga produk-produk yang dihasilkan tetap dengan kualitas yang diharapkan. Berikut manfaat lainnya dari penerapan ISO:

  • Standarisasi

Tujuan utama dari ISO yaitu membantu perusahaan memiliki standar yang tepat, mulai dari proses operasional, produksi hingga pengelolaan sumber daya manusia atau pun energi. Standarisasi ini bertujuan untuk meningkatkan proses produksi serta menjaga konsistensi produk.

 

  • Jaminan Kualitas

Manfaat yang paling besar dirasakan oleh perusahaan dari penerapan ISO yaitu jaminan atas kualitas produk yang dihasilkan. ISO telah mengeluarkan berbagai standar yang membantu perusahaan agar tetap konsisten dalam memproduksi produk atau jasa. Salah proses yang ditetapkan oleh ISO untuk meningkatkan kualitas produk yaitu Plan, Do, Check, Act atau PDCA.

 

  • Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang menerapkan standar ISO akan mendapatkan sertifikat sebagai jaminan atas standar dan sistem kerja telah dijalankan berdasarkan standar internasional. Sertifikasi ISO ini akan memberikan citra positif, serta meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata publik.

 

  • Efisiensi

Standar-standar yang ditetapkan ISO dirancang dengan konsep efisien dan hemat, baik dari segi waktu biaya dan sumber daya, sehingga mengurangi potensi pemborosan di perusahaan. Standar ISO akan mempermudah proses evaluasi terhadap kualitas produk atau pun kinerja karyawan.

 

  • Optimalisasi

Penerapan standar ISO yang diterapkan secara menyeluruh di perusahaan akan meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Sebab, sistem kerja telah mengikuti standar yang sama, sehingga kinerja perusahaan bisa lebih optimal dan produk yang dihasilkan juga akan memuaskan.

 

  • Kolaborasi

Standar ISO yang berlaku secara internasional, mempermudah perusahaan untuk bisa menjalin kolaborasi dengan berbagai relasi, seperti dalam pengembangan produk baru. Adanya sertifikasi ISO membuat perusahaan lain tidak ragu untuk bekerja sama, karena perusahaan Anda telah memiliki standar yang terjamin secara global.

 

ISO telah menetapkan berbagai jenis standarisasi internasional yang sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja. Diantaranya

 

Sepenting Apa Sertifikasi ISO?

ISO 9001  

ISO 9001 adalah standar sertifikasi sistem manajemen mutu yang bertujuan untuk menjamin produk atau jasa yang memenuhi persyaratan standar internasional. Maka, perusahaan yang berhasil mendapatkan ISO 9001 ini berarti telah memenuhi berbagai standar yang telah ditetapkan secara internasional, terutama terkait kualitas produk.

 

ISO 37001 

ISO 37001 adalah standar terkait sistem manajemen anti penyuapan, mulai dari proses pencegahan serta penindakan bila terjadi penyuapan dalam perusahaan. Standar ISO ini fokus dalam membantu perusahaan agar lebih transparansi dan bersih dari praktik-praktik korupsi.

ISO 31000 

ISO 31000 adalah standar terkait manajemen risiko untuk membantu perusahaan dalam menganalisa, memprediksi dan mengelola risiko yang berpotensi terjadi pada operasional perusahaan. Standar ISO 31000 juga memberikan acuan bagaimana pengambilan keputusan oleh perusahaan saat menghadapi sebuah kondisi yang penuh risiko.

ISO 27000 

ISO 27000 adalah standar terkait sistem keamanan data atau Information Security Management Systems (ISMS) yang bertujuan untuk membantu perusahaan melindungi seluruh data-data perusahaan agar tidak mudah dicuri atau diretas oleh pihak lain. Sertifikasi ISO 27000 ini memberikan jaminan bagi perusahaan bahwa standar keamanan informasi dan data telah memenuhi standar internasional.

ISO 45001 

ISO 45001 adalah standar terkait sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang bertujuan untuk mencegah, mengelola, dan menanggulangi risiko kecelakaan kerja. Sertifikasi ini merupakan standar yang perlu diterapkan oleh perusahaan, terutama yang memiliki risiko kerja yang cukup tinggi.

 

Penerapan standar ISO memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, terutama dalam meningkatkan kinerja serta menjaga kualitas produk agar tetap bisa bersaing di tengah perkembangan pasar global.  

Standar ISO telah diterapkan oleh perusahaan besar maupun kecil di berbagai belahan dunia. Karena pada dasarnya, performa bisnis yang baik dimulai dari standar-standar kerja yang bermutu. 

Leave a Reply