Sertifikasi ISO 9001 Si Penjamin Kualitas Mutu dan Produk

posted in: Article | 0

 

Perusahaan mana yang tidak ingin bersaing secara global? Perusahaan-perusahaan di Indonesia diharapkan bisa bertahan menghadapi persaingan yang semakin menantang di masa depan. Maka perlu perusahaan Anda memiliki standar kualitas berskala internasional dalam penanganan manajemen perusahaannya.

Nah, di sini ISO 9001 hadir dengan tujuan sebagai sistem manajemen mutu dengan standar internasional. ISO 9001 menetapkan berbagai persyaratan dan merekomendasikan desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu.

Sertifikat ISO 9001

Sertifikat ISO 9001 merupakan sertifikasi standar mutu yang paling banyak digunakan oleh perusahaan penyedia produk maupun penyedia jasa. Sertifikat ISO 9001 sendiri merupakan standar internasional yang berkaitan dengan manajemen kualitas dan mutu. Untuk itu, lembaga sertifikasi ISO 9001 akan memberikan beberapa persyaratan, rekomendasi desain, hingga standar penilaian.

Mengingat fungsi dari sertifikat ISO 9001 adalah untuk menilai kelayakan suatu sistem manajemen kualitas dan bukan untuk standar kelayakan produk, tentu semua perusahaan yang ingin berkembang harus menerapkan standar ini.

Pentingnya Memiliki Sertifikat ISO 9001

Ada banyak alasan mengapa perusahaan harus menerapkan sistem manajemen mutu berdasarkan persyaratan ISO 9001. Salah satunya adalah perusahaan dapat memperoleh kontrol proses yang lebih baik dan lebih fokus pada kebutuhan pelanggan yang akan meningkatkan kepuasaan pelanggan. Berikut beberapa manfaat Sertifikat ISO 9001 bagi perusahaan:

  1. Menjamin Kualitas dan Mutu
    Sertifikat ISO 9001 akan menilai kualitas serta mutu yang diberikan oleh perusahaan. Sehingga bagi pelanggan yang menjalin kerjasama dengan perusahaan yangmenerapkan ISO 9001 akan memperoleh jaminan mutu dan kualitas yang terus diperbaiki. Sertifikat ISO 9001 akan terus diperbaiki dan dinilai secara berkesinambungan sehingga konsumen akan memperoleh pelayanan yang sudah ditingkatkan.
  1. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan akan Perusahaan
    Kepercayaan yang diberikan oleh konsumen terhadap perusahaan yang telah menerapkan ISO 9001 pada badan usahanya tentu akan meningkat. Pasalnya, ISO 9001 memberikan jaminan bahwa perusahaan tersebut telah memiliki sistem manajemen kualitas dan mutu yang sesuai dengan standar yang telah diakui secara internasional. Oleh karenanya, perusahaan besar umumnya hanya mau bekerjasama dengan perusahaan yang telah memiliki standar ISO 9001.
  1. Menjamin Kepuasan Pelanggan
    Salah satu tujuan utama standar ISO 9001 adalah untuk memberikan pelanggan kepuasan yang mereka inginkan.  Dengan menerapkan sistem manajemen dan penanganan mutu yang berstandar internasional, perusahaan dipastikan mampu menghilangkan hambatan manajemen yang tidak perlu. Hambatan manajemen ini terkadang dapat memengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan.
  1. Sistem yang terdokumentasi
    Dokumentasi setiap proses pekerjaan merupakan salah satu ciri dari perusahaan yang telah maju dan berkembang. Sertifikasi ISO 9001 akan menilai apakah dokumentasi yang dilakukan perusahaan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hal ini berbeda dengan perusahaan yang belum menerapkan ISO 9001, yang pada umumnya akan sembrono terhadap file pekerjaan dan tidak terdokumentasi dengan baik.

Perusahaan dapat dikatakan benar-benar bagus bukan hanya dari tingkat kepuasan konsumen saja melainkan melalui sertifikasi ISO yang dimilikinya. Di mana perusahaan yang sudah memiliki sertifikat ISO akan lebih mudah dalam memenangkan persaingan pasar. Terlebih saat ini persaingan pasar semakin ketat dari waktu ke waktu sehingga Anda harus berupaya meningkatkan kualitas dan mutu perusahaan maupun produk sehingga dapat menarik minat konsumen.

Untuk memperoleh sertifikasi ISO ini memang tidaklah mudah karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Icicert sebagai perusahaan konsultan ISO siap membantu Anda. Icicert sebagai konsultan yang akan membantu persiapan hingga sertifikasi ISO perusahaan Anda selesai. Bagaimana? Anda siap? Mari, berkolaborasi bersama kami.

Sumber :
Olahan tim penulis www.digitalfinger.id
http://trustmandiri.com/

Leave a Reply