Spesifikasi Keselamatan Korek Api pada Standar ISO 9994 dan ISO 22702

posted in: Article | 0


Tahukah Anda bahkan korek api saja mempunyai standar ISO khusus untuk keselamatan penggunaanya ? Standar ini dimaksudkan untuk membantu mengurangi risiko nyala api terbuka, untuk pemantik api saku jenis biasa dan pemantik api jenis utilitas yang memiliki jangkauan lebih. Fokusnya adalah pada keamanan pengguna.

Baik digunakan untuk menyalakan lilin, atau membuat api unggun sedang berlangsung, korek api tetap menjadi salah satu gadget paling populer dan berguna sepanjang masa. Dan dengan beberapa juta korek api terjual setiap hari, kebutuhan akan standar di bidang ini menjadi jelas.

Elemen umum dalam korek api jenis saku dan utilitas adalah reservoir plastik yang diisi dengan bahan bakar atau gas yang mudah terbakar dan bertekanan. Sehingga dapat mengakibatkan bahaya yang nyata jika tidak dirancang dan diproduksi dengan baik. Risiko kecelakaan yang terkait dengan pemantik api non-standar didukung oleh beberapa statistik yang mengejutkan. Di Eropa saja, korek api menyebabkan hampir 30.000 kecelakaan parah setiap tahun. Di luar biaya manusia, kecelakaan ini membawa dampak ekonomi sekitar EUR 1 miliar.

ISO 9994 menetapkan persyaratan keselamatan dasar untuk pemantik api saku, khususnya tinggi nyala api maksimum, ketahanan jatuh, ketahanan terhadap suhu tinggi, ketahanan terhadap tekanan internal dan terhadap pembakaran berkelanjutan. Ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989, dan seperti semua Standar Internasional lainnya, telah ditinjau dan diperbarui untuk terus mengimbangi teknologi terbaru. ISO 22702 pertama kali muncul pada tahun 2003 untuk mencakup korek api yang lebih panjang yang dikenal sebagai korek utilitas, korek api panggangan, korek api, korek api batang atau korek api gas.

Menurut Steve Burkhart, revisi baru ini memberikan kontribusi signifikan untuk mengurangi bahaya. Ia adalah Pemimpin Proyek dan Pengurus kelompok kerja ISO yang bertanggung jawab untuk kedua Standar Internasional. “ISO 9994 sekarang termasuk persyaratan untuk ketinggian api serta jumlah maksimum bahan bakar yang dapat disimpan, sementara ISO 22702 menyediakan persyaratan pengujian tambahan yang berhubungan dengan cara spesifik di mana mereka digunakan.”

ISO 9994, Pemantik api – Spesifikasi keselamatan, dan ISO 22702, Pemantik utilitas – Spesifikasi keselamatan, dikembangkan oleh komite teknis ISO / TC 61, Plastik, subkomite SC 4, Perilaku pembakaran, yang sekretariatnya dipegang oleh BSI, anggota ISO untuk Inggris.

Sumber :

https://www.iso.org/news/ref2355.html

Leave a Reply