Spesifikasi teknis baru untuk auditor ISO 45001

posted in: Article | 0

 

Seiring dengan terbitnya Standar Internasional pertama dunia untuk kesehatan dan keselamatan kerja, datang spesifikasi teknis untuk memastikan para auditor yang mengaudit sistem manajemen tersebut memenuhi kompetensi yang dibutuhkan.

ISO 45001, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja – Persyaratan dengan panduan untuk digunakan, membuat sejarah standardisasi ketika diterbitkan pada bulan Maret tahun ini. Sekarang, spesifikasi teknis pelengkap baru – ISO / IEC TS 17021-10 – baru saja diterbitkan, mendefinisikan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dari badan-badan yang mengaudit organisasi yang telah menerapkan standar kesehatan dan keselamatan berdasarkan ISO 45001.

ISO / IEC TS 17021-10, Penilaian kesesuaian – Persyaratan untuk badan yang menyediakan audit dan sertifikasi sistem manajemen – Bagian 10: Persyaratan kompetensi untuk audit dan sertifikasi sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, dimaksudkan untuk menjamin pendekatan yang selaras dengan akreditasi sertifikasi ISO 45001.

Spesifikasi teknis baru tersebut ditujukan untuk auditor, atau siapa pun yang membuat keputusan sertifikasi yang berkaitan dengan ISO 45001, dan pada akhirnya akan melayani sertifikasi, akreditasi dan badan pengatur dengan mengkonfirmasikan bahwa audit dan keputusan sertifikasi yang terkait dengan ISO 45001 telah dilakukan oleh mereka yang memiliki kompetensi untuk melakukannya.

Catherine Montagnon, Co-Convenor dari kelompok kerja yang bertanggung jawab atas ISO / IEC TS 17021-10 dan Kepala delegasi Perancis yang terlibat dalam pengembangan ISO 45001, menjelaskan bahwa banyak dari mereka yang bertanggung jawab atas pengembangan spesifikasi teknis juga berkontribusi pada penulisan ISO 45001. Dengan demikian mereka memberikan manfaat dari pengetahuan dan pengalaman mereka yang luas.

“ISO 45001 berisi sejumlah persyaratan yang mana diperlukan keterampilan khusus yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan kerja untuk dapat mengauditnya secara efektif, seperti yang berkaitan dengan terminologi, prinsip, konsep, alat dan teknik,” katanya.

“Oleh karena itu, perlu memiliki dokumen penilaian kesesuaian khusus untuk memastikan auditor memiliki keterampilan yang tepat untuk melakukan audit ini dengan baik.”

Dokumen ini menetapkan persyaratan kompetensi tambahan untuk personel yang terlibat dalam audit dan proses sertifikasi untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S) dan melengkapi persyaratan ISO / IEC 17021-1 yang ada.

Tiga jenis fungsi sertifikasi dan personalia didefinisikan dalam dokumen ini sebagai berikut:

– auditor;

– personil meninjau laporan audit dan membuat keputusan sertifikasi;

– personil lainnya.

Dokumen ini berlaku untuk audit dan sertifikasi sistem manajemen OH & S berdasarkan ISO 45001. Namun juga dapat digunakan dalam proses aplikasi kesehatan dan keselamatan kerja lainnya.

Sumber :
https://www.iso.org/news/ref2283.html

https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso-iec:ts:17021:-10:ed-1:v1:en

Leave a Reply