Standar Internasional baru untuk penyedia akomodasi ISO 21401

posted in: Article | 0

 

Pariwisata adalah salah satu sektor ekonomi terbesar di dunia dan tumbuh paling cepat. Miliaran orang bepergian setiap tahun, diperkirakan jumlahnya akan tumbuh sebesar 3,3% setiap tahun hingga tahun 2030. Hal ini mengindikasikan bahwa akomodasi wisata adalah salah satu pemain terbesar dalam pembangunan yang akan memberikan dampak yang potensial. Panduan internasional baru telah diterbitkan untuk fasilitas akomodasi yang akan membantu meningkatkan dampaknya pada pembangunan berkelanjutan. Selain tumbuh dari hari ke hari industri pariwisata juga mempromosikan pemahaman dan perdamaian antara negara dan budaya serta menyediakan jutaan lapangan kerja.

Fasilitas akomodasi adalah pusat dari setiap kegiatan pariwisata sehingga memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif terhadap lingkungan, mempromosikan pertukaran sosial dan berkontribusi pada ekonomi lokal secara positif. Terlepas dari banyak program pariwisata berkelanjutan yang ada di seluruh dunia, sampai saat ini belum pernah ada standar internasional yang diajukan oleh operator perjalanan atau organisasi lain yang benar-benar netral yang didedikasikan untuk akomodasi.

ISO 21401, Pariwisata dan layanan terkait – Sistem manajemen keberlanjutan untuk pendirian akomodasi – Persyaratan, menentukan persyaratan lingkungan, sosial dan ekonomi untuk menerapkan sistem manajemen keberlanjutan di akomodasi wisata. Standar ini membahas masalah-masalah seperti hak asasi manusia, kesehatan dan keselamatan bagi karyawan dan tamu, perlindungan lingkungan, konsumsi air dan energi, timbunan limbah dan pengembangan ekonomi lokal.

Manuel Otero, Ketua komite teknis ISO yang membuat standar ini, mengatakan ada banyak inisiatif di pasar yang dapat digunakan penyedia akomodasi untuk membantu mereka meningkatkan praktik lingkungan mereka, tetapi tidak ada yang mengintegrasikan aspek sosial dan ekonomi juga, atau bebas dari kepentingan komersial.

“Fakta bahwa ada banyak skema untuk akomodasi berkelanjutan dari berbagai negara dan organisasi dapat mempersulit fasilitas akomodasi untuk mengetahui mana yang berguna dan dapat diandalkan serta bagaimana memenuhi persyaratan mereka,” katanya.

“Standar yang disepakati secara internasional ini memberikan kejelasan dalam pasar yang membingungkan, berlaku untuk semua jenis akomodasi dan dapat berfungsi sebagai alat untuk meningkatkan manajemen yang berkelanjutan. Hal Ini juga akan membantu merangsang pasar untuk keberlanjutan yang lebih baik di sektor akomodasi dan industri pariwisata secara keseluruhan. ”

Sebagai penanggung jawab kelompok kerja yang terlibat dalam pengembangan standar ini, Alexandre Garrido menambahkan bahwa mereka yang menerapkan sistem manajemen keberlanjutan berdasarkan ISO 21401 akan dapat membuktikan kepada tamu mereka dan kepada seluruh pasar bahwa bisnis mereka adalah bisnis yang berkelanjutan.

“ISO 21401 akan menguntungkan fasilitas akomodasi dengan memperkuat manajemen dan meningkatkan reputasi mereka, dengan memberikan pelayanan berkualitas yang lebih baik kepada klien dan meningkatkan hubungan dengan pemasok, karyawan, dan masyarakat setempat.”

 

Sumber : https://www.iso.org/news/ref2366.html

Leave a Reply