TUJUAN DAN MANFAAT ISO 55001 – SISTEM MANAJEMEN ASET

posted in: Article | 0

Dalam menjalankan bisnis suatu perusahaan, aset merupakan salah satu yang perlu dikelola di dalamnya. Banyak perusahaan mengalami kerugian bahkan bangkrut diakibatkan oleh gagalnya dalam pengelolaan asset. ISO sebagai organisasi internasional yang berwenang mengeluarkan standar merilis ISO 55001 yang merupakan standar sistem manajemen aset. ISO ini memberikan arahan dan kerangka kerja untuk pembentukan dan pengaturan tujuan, kebijakan, sasaran, proses, dan peningkatan yang terlibat dalam pengelolaan aset organisasi apa pun atas tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

ISO 55001 tidak memasukkan atau menentukan kebutuhan finansial, teknis, atau akuntansi untuk mengelola berbagai jenis aset. ISO ini menggunakan pendekatan sistem yang terorganisir dan efektif untuk mendorong peningkatan dan penciptaan nilai yang berkelanjutan dari aset yang dimiliki perusahaan. Hal ini dimungkinkan dengan mengelola semua aset secara efektif dan biaya, risiko, dan kinerja yang terkait dengan aset-aset ini.

Pentingkah ISO 55001?

Dalam penerapannya yang efektif, ISO 55001 dapat memberikan dukungan kepada organisasi yang menginginkan budaya yang lebih proaktif dan ingin terus meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi mereka dengan menciptakan nilai maksimum dari aset mereka. ISO ini juga menunjukkan komitmen untuk mengelola dan mengoptimalkan biaya, risiko, dan kinerja kepada semua pemangku kepentingan yang terlibat.

Baca juga: Mari Mengenal ISO 17021 – Standar Internasional Lembaga Sertifikasi

ISO 55001 merupakan standar yang diakui secara global yang menyediakan arahan bagi organisasi di seluruh dunia dengan bahasa umum dan kerangka kerja yang konsisten dan selaras dengan standar manajemen lainnya. Hal ini memungkinkan diterapkan secara terintegrasi dengan sistem manajemen lainnya.

Manfaat Utama Penerapan ISO 55001

  1. Kinerja Organisasi Efektif

Sistem manajemen aset ini memungkinkan organisasi untuk mengelola aset yang dimiliki dalam jangka panjang dan pendek, efektif dan efisien. Dengan kata ini, organisasi dapat memenuhi atau bahkan melebihi ekspektasi kinerja mereka dan menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial.

  1. Efektifitas dan Efisiensi Biaya

Sistem yang efektif dalam mengelola aset sesuai arahan ISO 55001 dapat meningkatkan ROI organisasi, dan mengurangi biaya operasional. Semua ini tercapai tanpa memengaruhi kinerja organisasi atau mengorbankan nilai dan komitmennya.

  1. Manajemen Risiko yang Lebih Baik

Dalam Proses operasional perusahaan dan pengelolaan aset di dalamnya, perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan mengurangi risiko yang melibatkan optimalisasi dari asset.

  1. Peningkatan dan Pertumbuhan Bisnis yang Progressive

Penerapan sistem manajemen aset yang efektif dapat mendorong pertumbuhan dan peningkatan di semua sektor organisasi. Dengan demikian, meningkatkan komunikasi dan pemahaman tentang tujuan dan nilai-nilai organisasi.

  1. Pengambilan Keputusan yang Efektif

Ketika semua aset dikelola secara efektif dan dioptimalkan untuk sejajar dengan standar manajemen lain dan tujuan serta sasaran organisasi, maka organisasi dapat membuat keputusan yang lebih efektif dan praktis yang semakin meningkatkan kemungkinan mewujudkan sasaran terkait pengelolaan aset.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Stakeholder dan Reputasi Organisasi

Pengelolaan aset yang baik menimbulkan kepercayaan pemangku kepentingan internal dan eksternal bahwa organisasi mengelola manajemen aset secara serius dan senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kinerja pengelolaan aset.

Baca juga: SERTIFIKASI ISO 9001:2015 – MANDIRI, TANPA KONSULTAN

Kesimpulannya adalah pengelolaan aset merupakan hal yang harus dipertimbangkan dan diprioritaskan dalam organisasi. Pengelolaan asset yang baik akan membantu organisasi mengoptimalkan kinerja, merampingkan kinerja operasional, memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan, dan membantu mereka menjadi lebih proaktif dan bertanggung jawab secara sosial.

 

Salam Improvement

 

Leave a Reply