4 Perbedaan Utama antara ISO 9001 & ISO 9004

posted in: Article | 0

4 Perbedaan Utama antara ISO 9001 dan ISO 9004

ISO 9001 dan 9004 keduanya merupakan bagian dari keluarga besar standar ISO 9000. Meskipun keduanya berbicara tentang sistem manajemen mutu (SMM), mereka memiliki beberapa aspek penting yang membedakan satu sama lain. Banyak organisasi, ketika ingin membangun atau memperbaiki Sistem Manajemen Mutu cenderung menjadi bingung tentang yang standar harus digunakan atau bagaimana jika mereka harus menggunakan keduanya. Dalam mengeksplorasi perbedaan ISO 9001 dan 9004, ada 4 perbedaan utama yang bisa kita cermati.

  1. Tujuan
    • ISO 9001 menyediakan kerangka kerja untuk pendekatan sistematis untuk mengelola proses organisasi sehingga produk atau jasa konsisten dalam memenuhi harapan klien. Ini juga menjamin organisasi memenuhi hukum, peraturan dan persyaratan lainnya.
    • ISO 9004 standar dimaksudkan untuk membantu organisasi memperluas manfaat Sistem Manajemen Mutu mereka kepada pemangku kepentingan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan, serta membantu memberikan kesuksesan yang berkelanjutan.
  2. Sertifikasi
  • ISO 9001 adalah dokumen tentang persyaratan. ISO 9001 adalah satu-satunya dari keluarga besar standar ISO 9000 yang dapat disertifikasi untuk menunjukkan kesesuaian organisasi dengan persyaratan.
  • Di sisi lain, ISO 9004 adalah dokumen panduan tentang bagaimana untuk mencapai perbaikan terus-menerus untuk mendapatkan keunggulan bagi organisasi. ISO 9004 tidak dimaksudkan untuk sertifikasi.
  1. Fokus
  • Fokus utama standar ISO 9001 adalah pada kebutuhan pelanggan. Standar ini berfokus pada memastikan kesesuaian dengan kebutuhan pelanggan ditetapkan dan memastikan respon yang efektif terhadap umpan balik pelanggan.
  • ISO 9004 berfokus terutama pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan semua pihak yang berkepentingan lainnya. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kebutuhan seluruh stakeholder untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.
  1. Perbaikan terus menerus
  • Dalam ISO 9001 perbaikan berkesinambungan dari sistem manajemen mutu dicapai terutama dengan melakukan tinjauan manajemen, audit internal / eksternal dan tindakan korektif / preventif.
  • ISO 9004 mempromosikan self-assessment dalam rangka untuk organisasi untuk mengidentifikasi area kekuatan atau kelemahan dan peluang baik untuk perbaikan atau inovasi, atau keduanya. Standar ini memberikan panduan pada organisasi tentang bagaimana menetapkan tujuan perbaikan realistis dan menantang untuk proses mereka.

Ada banyak perbedaan lain antara kedua standar tersebut; Namun, bisa ditarik kesimpulan bahwa:

  • Keduanya dimaksudkan untuk digunakan oleh setiap organisasi, terlepas dari ukuran dan sifat mereka, untuk membangun dan meningkatkan SMM organisasi;
  • ISO 9001 dimaksudkan untuk sertifikasi, sedang ISO 9004 tidak;
  • ISO 9001 difokuskan terutama pada kepuasan pelanggan dan ISO 9004 memiliki fokus yang lebih luas yang mencakup semua pemangku kepentingan untuk mencapai kesuksesan yang berkelanjutan.

Banyak orang percaya bahwa ISO 9004 merupakan pedoman bagi pelaksanaan ISO 9001, namun, hal ini tidak benar. Standar-standar ini melengkapi satu sama lain, sehingga mereka dapat digunakan secara bersamaan oleh sebuah organisasi, dan mereka juga dapat digunakan secara terpisah. Beberapa organisasi memutuskan untuk menggunakan ISO 9001 untuk membangun dan meningkatkan SMM mereka dan kemudian beralih ke ISO 9004 sebagai panduan untuk mendapatkan manfaat jangka panjang dari Sistem Manajemen Mutu yang lebih luas.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat.

Jika anda tertarik untuk mengetahui tentang training pelatihan ISO 9001:2015 atau sejenisnya, silakan klik link berikut.

Leave a Reply