5 Manfaat Utama Implementasi ISO 20000

posted in: Article | 0

5 Manfaat Utama Implementasi ISO 20000

Apa yang bisa kita peroleh dengan mengimplementasikan ISO 20000 ? Dalam mengusulkan proses implementasi ISO 20000 pada manajemen, tentunya kita harus bisa menjelaskan manfaat ISO 20000, dan dengan demikian kita akan memperoleh dukungan manajemen puncak untuk pelaksanaannya. Berikut adalah 5 manfaat utama dari penerapan ISO 20000:

  1. Daya Saing dan Kredibilitas – menerapkan ISO 20000 adalah cara Anda untuk meningkatkan reputasi perusahaan Anda (karena Anda telah mengadopsi standar yang diakui secara internasional untuk manajemen layanan TI), keunggulan kompetitif (karena kemampuan Anda untuk bersaing dengan pesaing yang jauh lebih besar) , persepsi dan citra (sertifikat ISO, umumnya, meningkatkan persepsi mitra dan pelanggan dalam memandang organisasi), dan kredibilitas (misalnya, pelanggan Anda akan mempercayai Anda ketika mereka melihat bahwa organisasi internal Anda memiliki proses yang selaras dengan ISO 20000).
  2. Kepatuhan – dengan implementasi standar ISO, pelanggan Anda tahu apa yang bisa mereka harapkan dari Anda; yaitu, adanya kriteria evaluasi yang jelas (misalnya, dengan menerapkan ISO 20000 mereka tahu apa yang bisa diharapkan dari proses Manajemen Perubahan atau Manajemen Insiden). Selain itu, ISO 20000 mensyaratkan kepatuhan terhadap peraturan hukum atau lainnya (misalnya, keamanan / ISO 27001).
  3. Kepuasan Pelanggan – apakah ada yang lebih baik dalam bisnis daripada pelanggan yang puas? Nah, menerapkan ISO 20000 membuat Anda lebih mudah untuk mengontrol proses pelayanan IT . Sehingga akan meningkatkan efisiensi tim Anda dalam layanan manajemen dan organisasi.
  4. Produktivitas – mari kita asumsikan Anda bertanggung jawab untuk tim manajemen layanan TI secara keseluruhan. Bayangkan sebuah situasi di mana sudah jelas tentang siapa melakukan apa, serta kapan proses didefinisikan, didokumentasikan dan diletakkan. Dengan manfaat kejelasan yang diberikan ISO 20000 seperti itu, otomatis akan membantu peningkatan produktivitas.
  5. Tolok Ukur dan Perbaikan – ISO 20000 adalah standar yang diakui untuk manajemen layanan IT. Oleh karena itu pada implementasinya, Anda dapat membandingkan  proses organisasi Anda dengan organisasi lain (terutama dengan organisasi yang juga telah menerapkan standar). Seperti semua standar ISO lainnya, perbaikan terus-menerus merupakan suatu hal yang fundamental. ISO 20000 memastikan bahwa Sistem Manajemen Layanan IT Anda secara teratur dipantau, diukur, dan direview. Hal ini akan membuka kemungkinan bagi organisasi anda untuk menjadi lebih baik hari demi hari dan membantu manajemen Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang kinerja dan efisiensi Sistem.

Demikian penjelasan dari kami. Untuk info pelatihan terkait ISO 20000 dan sejenis bisa Anda dapatkan di laman berikut.

Leave a Reply