Ini Peran HRD di Perusahaan Menurut ISO 9001

posted in: Article, Artikel | 0

3 Menit Membaca

Berikut Peran HRD di Perusahaan Menurut ISO 9001Human Resource Development (HRD) adalah sebuah support penting yang harus ada di suatu organisasi atau perusahaan. Hal tersebut dikarenakan HRD sangat berperan penting terhadap kelangsungan mutu dan pengembangan kualitas bagi organisasi atau perusahaan.

Ternyata, HRD juga diatur dalam ISO 9001, hal ini dilakukan supaya HRD tersebut dalam memiliki peran yang signifikan dalam hal implementasi dan pengembangan sistem manajemen mutu organisasi.

Lalu, apa sajakah hal yang diatur dalam ISO 9001 untuk HRD tersebut? Berikut telah kami rangkum secara ringkas dan jelas.

  1. Mengidentifikasi kompetensi yang dibutuhkan oleh personel yang akan melaksanakan tugas yang mempengaruhi kualitas perusahaan atau organisasi
  1. Meninjau personel di perusahaan atau organisasi tersebut, apakah sudah melakukan pekerjaan kompetensi yang diperlukan
  1. Mencari ide atau kompetensi tambahan yang dirasa perlu untuk menunjang kualitas di perusahaan atau organisasi
  1. Memikirkan cara untuk penambahan kompetensi bagi personel, seperti pelatihan. Baik itu dari eksternal maupun internal perusahaan atau organisasi
  1. Meninjau efektifitas tindakan untuk menemukan kebutuhan kompetensi yang diperlukan oleh perusahaan atau organisasi
  1. Melakukan competency assessment secara berkala untuk meninjau kompetensi personel

Selain itu, HRD di perusahaan atau organisasi menurut ISO 9001 juga memiliki peran penting dalam hal penyediaan sumber daya manusia. Hal itu, bertujuan untuk mencukupi kebutuhan perusahaan tersebut supaya layak dan lolos secara kompetensi dan kinerja.

Penyediaan sumber daya manusia tersebut juga dibagi menjadi dua bagian, pertama adalah merangkum database karyawan perusahaan. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan pendataan ketika melakukan evaluasi terhadap kinerja karyawan dan perusahaan.

Kedua, melakukan proses rekrutmen karyawan. Hal ini, adalah peran HRD yang bisa disebut paling berpengaruh terhadap kinerja perusahaan atau organisasi di masa depan. Karena, telaten atau tidaknya karyawan tersebut, akan bergantung terhadap kualifikasi yang dipilih oleh HRD itu.

Baca juga :

Bagaimana Peran HRD dalam melakukan Training menurut ISO 9001?Bagaimana Peran HRD dalam melakukan Training menurut ISO 9001?

  1. Training di perusahaan atau organisasi tersebut tidak harus melibatkan pihak eksternal, karena pihak internal pun masih bisa melakukan training
  1. Setiap selesai melakukan training, HRD wajib untuk melaksanakan evaluasi efektivitas pelatihan. Hal ini bertujuan supaya mengetahui sejauh mana perkembangan dari training tersebut.
  1. Jadwal training harus diperhitungkan sesuai dengan hasil competency assessment pada tahun sebelumnya.
  1. HRD wajib untuk menerima masukan atau usulan dari internal perusahaan atau manajemen untuk efektivitas kelangsungan training.

Kendati demikian, apabila organisasi atau perusahaan tersebut memiliki prosedur dan peran tentang HRD yang tak sesuai dengan ISO 9001, hal itu tidak dipermasalahkan dan boleh-boleh saja.

Nah, sudah tahukan bagaimana peran dan pentingnya HRD di sebuah organisasi atau perusahaan menurut ISO 9001. 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *