Berapa Biaya untuk Melaksanakan ISO 9001?

posted in: Article | 0

biaya-pelaksanaan-iso-9001
Setiap organisasi kecil dan besar mengakui bahwa pelaksanaan sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001 memberi nilai kompetitif pada proses bisnis mereka. Namun, proses melaksanakan dan memperoleh sertifikasi ISO 9001 membutuhkan waktu dan dana yang tidak sedikit. Oleh karena itu, pertanyaan yang populer saat memutuskan untuk menerapkan adalah “Berapa Biaya untuk Melaksanakan ISO 9001?”

Ada 2 macam biaya yang terkait dengan pelaksanaan ISO 9001, yaitu:

  1. Biaya untuk implementasi.
  2. Biaya untuk sertifikasi.

Dalam rangka untuk secara efektif memperkirakan biaya untuk pelaksanaan, sebuah organisasi harus melalui gap analisis atau penilaian. Namun, ada tiga faktor utama yang organisasi harus memperhitungkan saat memperkirakan biaya:

  1. Ukuran dan kompleksitas organisasi. Apakah itu sebuah organisasi lokasi tunggal kecil? atau itu sebuah perusahaan besar dengan proses seperti desain, manufaktur, instalasi, pengujian, dll?
  2. Jenis sistem mutu yang saat ini digunakan. Apakah ia memiliki sistem yang terstruktur dan disiplin di tempat? Adalah sistem didokumentasikan, dan seberapa baik?
  3. Waktu yang staf dan anggota lain dari organisasi yang harus diinvestasikan untuk proyek. Apakah organisasi akan melaksanakan segala sesuatu dengan anggota saat ini? Apakah akan mempekerjakan seseorang untuk membimbing mereka? Atau, ia akan menyewa konsultan ISO untuk menyelesaikan seluruh proses?

Item biaya utama bahwa setiap organisasi perlu dipertimbangkan ketika menerapkan ISO 9001 adalah:

  • Pelatihan manajer untuk mendapatkan mereka untuk memahami persyaratan ISO 9001
  • Penilaian praktek kontrol kualitas saat ini dan menciptakan fasilitas pengujian tambahan rutin jika perlu
  • Pembaharuan ruang kerja, peralatan, mesin, pelayanan publik, fasilitas pendukung, dll, jika perlu
  • Ulasan dan pembenahan pengaturan untuk penanganan dan penyimpanan bahan baku, produk setengah jadi dan selesai, yang diperlukan sesuai dan aman
  • Ulasan ada prosedur / praktek dan daftar prosedur baru, daftar dan catatan yang harus dipersiapkan
  • Pengembangan dokumen SMM terkait
  • kegiatan koordinasi dengansemua orang yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk melaksanakan SMM
  • Berbagai biaya seperti pengolah kata, alat tulis dan perlengkapan lain yang diperlukan untuk produksi manual, prosedur dan sejenisnya

Mengenai biaya sertifikasi awal dan biaya yang terkait dengan mempertahankan sertifikasi, item biaya utama adalah:

  • Pendaftaran dan biaya sertifikasi dibayarkan kepada lembaga sertifikasi untuk jangka waktu tiga tahun
  • Biaya untuk kunjungan audit dua tahap dari oleh lembaga sertifikasi
  • Audit pemantauan / surveillance oleh lembaga sertifikasi
  • Travel, akomodasi dan makan untuk auditor lembaga sertifikasi

Pelaksanaan dan pemeliharaan akibat dari SMM berdasarkan ISO 9001 merupakan investasi waktu dan uang untuk setiap organisasi. Keberhasilan sistem akan mengandalkan terutama dalam komitmen semua anggotanya, terutama bagaimana manajemen senior berkomitmen untuk membuat ISO 9001 merupakan alat yang efektif untuk mengintegrasikan proses mereka, terus meningkatkan QMS mereka, dan memenuhi harapan pelanggan mereka.

Demikian penjelasan kami mengenai Berapa Biaya untuk Melaksanakan ISO 9001. Baca juga terkait Checklist Dokumen Wajib ISO 9001:2015. Untuk info pelatihan terkait ISO dan sejenis bisa Anda dapatkan di laman berikut.

Source: http://surabaya.proxsisgroup.com

Leave a Reply