Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dengan ISO 22000:2018

posted in: Article, Artikel | 0

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Dengan ISO 22000:2018

Pelanggan merupakan aspek penting dalam perjalanan suatu perusahaan, terutama pada perusahan yang bergerak dibidang pangan. Perusahaan yang fokus dalam menghasilkan produk pangan yang baik akan dilirik oleh pelanggan dan menjadi primadona dalam menguasai hati para pelanggan. Namun dalam hal menarik pelanggan tersebut suatu perusahaan harus menetapkan standar tertentu dalam produk yang mereka hasilkan agar pelanggan tersebut puas akan produk yang mereka terima. Hal-hal yang berhubungan dengan standar produk pangan diatur oleh ISO 22000:2018 tentang food safety management system.

 

Fungsi Pelanggan Bagi Suatu Perusahaan

Karena menjadi bagian dalam perjalanan perusahaan, pelanggan memiliki beberapa fungsi yang membangun kredibilitas perusahaan seperti:

  • Awal perjalanan suatu perusahaan

Pelanggan adalah poin utama dalam pemasukan perusahaan. apabila produk yang dihasilkan perusahaan tersebut tidak terjual sesuai target maka akan terjadinya masalah dalam pemasukan karena biaya produksi tidak terpenuhi. Oleh karena itu bisa dikatakan hubungan antara pelanggan dan perusahaan adalah simbiosis mutualisme atau saling membutuhkan.

  • Meningkatkan mutu produk yang dihasilkan

Dengan adanya review dari pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan mutu produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Dengan review tersebut menjadikan produk yang akan dikembangkan menjadi lebih efektif dan sesuai dengan selera pelanggan.

  • Menunjang perkembangan pemasaran perusahaan

Pelanggan dapat menjadi aspek penting dalam marketing perusahaan. Pelanggan yang memberikan review positif akan membuat para pelanggan baru menjadi penasaran akan produk tersebut dan akhirnya mencoba produk tersebut. Dengan hal tersebut secara tidak langsung pelanggan dapat menjadi aspek marketing yang baik.

 

Baca juga:

 

Peran ISO 22000 dalam Hubungan Pelanggan dan Perusahaan

Fungsi perusahaan dalam membantu suatu perusahaan tentu harus saling timbal balik, yaitu perusahaan juga harus mendapat kepercayaan dari pelanggannya. Dengan ISO 22000 yang diterbitkan pada tahun 2018 yang membuat standar untuk perusahaan dalam menjaga kualitas, kebersihan produk dan juga keamanan produk.

Berikut beberapa peran sertifikasi ISO 22000:2018 yang dapat membantu perusahaan dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan:

  • Memberikan jaminan atas keamanan produk pangan

Salah satu manfaat dalam menerapkan standar ISO, perusahaan dapat memberikan jaminan atas produk pangan yang mereka hasilkan. Produk tersebut sudah memiliki mutu atau kualitas yang terjamin karena standar ISO memiliki tujuan agar produk yang dihasilkan memiliki jaminan atas keamanan.

  • Memberikan jaminan kepercayaan untuk pelanggan

Memproduksi makanan atau pangan berkualitas dapat memberikan kepercayaan dan kepuasan terhadap pelanggan. Dengan adanya kepuasaan pelanggan maka akan adanya keloyalan pelanggan terhadap produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

  • Mengoptimalkan produktivitas

Dengan menerapkan ISO 22000:2018, para karyawan dapat meningkatkan produktivitas mereka karena sistem kerja yang memiliki standar dan menjadikan para karyawan dapat bekerja  lebih efisien dan konsisten.

  • Meningkatkan sumber daya yang dimiliki

Dengan penerapan ISO tersebut, perusahaan dapat meningkatkan kinerja sumber daya yang dimiliki seperti sumber daya manusia. Hal tersebut dapat dilihat pada kinerja setiap individu yang lebih fokus dan efisien dan berkomunikasi lebih mudah dan terorganisir.

Kesimpulan

Sertifikat ISO 22000:2018 memiliki peran  penting dalam membantu perusahaan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Perusahaan yang menggunakan standar:2018 akan membawa manfaat yang signifikan dalam hal peningkatan kualitas pangan, efisiensi produksi dan peningkatan daya saing pasar. Inilah sebabnya mengapa perusahaan harus mempertimbangkan untuk memperoleh sertifikasi ISO 22000:2018 dari lembaga sertifikasi terkemuka seperti ISO Indonesia Center.

 


Sumber:

Sodexo (2020). Pentingnya Pelanggan bagi Perusahaan. Diakses pada 1 Maret, 2023, di Pentingnya Pelanggan bagi Perusahaan – Blog Sodexo

GajiGesa (2022). Penting! Manfaat & Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000 Bagi Perusahaan. Diakses pada 1 Maret,  2023, di ISO 22000 (gajigesa.com)

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *