Isu Antisuap Jadi Salah Satu Pembasahan dalam G20 Bali?

posted in: Article, Artikel | 0

Isu Antisuap Jadi Salah Satu Pembasahan dalam G20 Bali?Indonesia berhasil menjadi Presidensi G20 untuk tahun 2022 dengan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger. Forum utama dari pertemuan G20 yang dipusatkan di Bali ini membahas berbagai isu global, mulai dari kondisi geopolitik, pemulihan ekonomi hingga tantangan global ke depannya.

Secara umum, G20 membahas dua isu utama, yaitu Finance Track yang berfokus pada isu keuangan dan Sherpa Track yang berfokus pada pembahasan di luar keuangan, salah satunya anti korupsi. Seperti kita ketahui, secara global anti korupsi juga telah diatur dalam sistem manajemen ISO 37001.

Apa itu G20?

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa dengan kelas pendapatan menengah hingga tinggi. Anggota G20 terdiri dari berbagai negara , berkembang dan maju, yaitu Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Argentina, Brazil, Inggris, Jerman, Italia, Perancis, Rusia, Afrika Selatan, Arab Saudi, Turki, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Indonesia, Australia, dan Uni Eropa

G20 merupakan salah satu forum internasional  penting di dunia karena merepresentasikan lebih dari dua pertiga penduduk dunia, 75 persen perdagangan global, dan 80 persen PDB dunia.

Indonesia telah menjadi anggota G20 sejak 1999 setelah melewati krisis ekonomi pada 1997-1998. Dan pada  Riyadh Summit 2020 pada 2021 lalu di Roma Italia, Indonesia ditetapkan untuk pertama kalinya memegang presidenci G20.

 

Apa Saja yang Dibahas G20?

Sebagai forum internasional yang cukup penting, para pemimpin negara membahas berbagai isu penting dalam G20. Terdapat dua isu utama yang menjadi pembahasan G20, yaitu Finance Track dan Sherpa Track.

  • Finance Track merupakan forum yang membahas isu keuangan, seperti, kebijakan fiska, moneter dan riil, investasi infrastruktur, regulasi keuangan, inklusi keuangan, perpajakan internasional
  • Sherpa Track adalah forum yang membahas isu  di bidang-bidang yang lebih luas di luar keuangan, antara lain, pembangunan, lapangan kerja, pertanian, pendidikan, budaya, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan perempuan, hingga isu antikorupsi

 

Isu Antikorupsi Tingkat Global

Isu antikorupsi telah menjadi perhatian global, apalagi badan standar internasional atau ISO mengeluarkan ISO ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Antisuap. Standar ini menjadi acuan utama secara internasional dalam membangun perusahaan yang bersih dari praktik korupsi.

ISO 37001 membantu perusahaan atau organisasi mencegah korupsi atau suap yang dapat merusak iklim usaha dan bisnis. Tujuan utama ISO ini untuk mendorong perusahaan lebih berintegritas dan transparan.

ISO 37001 memuat sejumlah langkah penting bagi perusahaan dalam mencegah praktik suap, seperti

  • Penetapan kebijakan antipenyuapan
  • Penunjukan petugas pengawas praktik anti-penyuapan.
  • Pembinaan dan pelatihan anggota organisasi
  • Penerapan manajemen risiko antisuap
  • Pelembagaan laporan prosedur investigasi

Pemerintah Indonesia melalui Badan Standardisasi Nasional (BSN) Standar Nasional Indonesia SNI ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti-Suap dengan mengadopsi secara identik standar ISO 37001. Hal sebagai salah satu upaya pemerintah untuk mencegah korupsi di tataran pemerintah dan swasta.

Korupsi merupakan kejahatan yang menimbulkan dampak negatif yang cukup krusial dan berdampak pada stabilitas negara. Oleh sebab itu, antikorupsi ini menjadi salah satu pembahasan utama dalam G20.  Sebab, kesejahteraan masyarakat luas tidak akan bisa tercapai jika praktik korupsi masih merajalela.

Leave a Reply