Mengurangi risiko cyber-attacks pada mesin dengan ISO 22100-4

posted in: Article | 0


Di dunia kita yang saat ini saling terhubung secara digital, keamanan TI tidak hanya mencakup masalah data tetapi juga mencakup hampir semua benda yang bergerak – termasuk mesin. Cyber attacks atau malfungsi TI dalam manufaktur dapat menimbulkan risiko terhadap langkah-langkah keamanan yang berlaku, sehingga berdampak pada produksi dan manusia. Pedoman internasional baru untuk mengidentifikasi dan menangani risiko semacam itu telah diterbitkan.

Smart manufacturing (manufaktur “cerdas”) atau proses bisnis yang memanfaatkan internet dan teknologi digital, memungkinkan produksi dan integrasi tanpa batas di seluruh rantai bisnis. Penggunaan teknologi digital memungkinkan parameter – seperti kecepatan, gaya dan suhu – untuk dikontrol dari jarak jauh. Banyak manfaatnya, termasuk mampu melacak kinerja, penggunaan sumber daya, dan meningkatkan efisiensi, tetapi disisi lain hal ini juga menambah risiko ancaman keamanan TI.

Beberapa contoh bahaya yang dapat disebabkan cyber attakcs seperti meningkatkan kecepatan atau kekuatan mesin ke tingkat yang berbahaya, menurunkan temperatur memasak yang dapat mengakibatkan kontaminasi makanan. Serangan seperti ini tidak hanya dapat mengganggu produksi saja tetapi juga dapat menimbulkan risiko serius bagi kita. Untungnya, laporan teknis ISO baru (TR) telah diterbitkan untuk membantu produsen mempersiapkan dan mengurangi risiko ini.

ISO / TR 22100-4, Keselamatan mesin – Hubungan dengan ISO 12100 – Bagian 4: Pedoman untuk produsen mesin untuk pertimbangan mengenai keamanan TI (keamanan cyber) terkait. Standar ini  dirancang untuk membantu produsen mesin mengidentifikasi dan mengatasi ancaman keamanan TI yang dapat berdampak pada keamanan produk mereka. Ini melengkapi standar utama ISO untuk keselamatan alat berat, ISO 12100, Keselamatan mesin – Prinsip umum untuk desain – Penilaian risiko dan pengurangan risiko, yang menetapkan dasar-dasar untuk penilaian risiko, analisis bahaya, dan persyaratan dokumen.

Otto Görnemann, Ketua komite teknis ISO yang bertanggung jawab atas laporan teknis, mengatakan keselamatan mesin dan keamanan digital sangat berbeda dalam hal tujuan, metode, dan langkah-langkah mereka, namun dalam hal manufaktur mereka terkait erat.

“ISO / TR 22100-4 akan membantu produsen mesin mengintegrasikan hubungan antara keamanan cyber dan keamanan mesin,” katanya.

“Dengan demikian ia akan mencakup aspek-aspek seperti jenis komponen yang bisa menjadi target potensial untuk serangan keamanan cyber, desain mesin untuk meminimalkan kerentanan terhadap serangan seperti itu dan informasi untuk operator mesin pada kemungkinan ancaman.”

ISO / TR 22100-4 dikembangkan oleh komite teknis ISO ISO / TC 199, Keselamatan mesin, yang sekretariatnya dipegang oleh DIN, anggota ISO untuk Jerman.

Sumber: https://www.iso.org/news/ref2365.html

Leave a Reply