Peningkatan Kualitas SDM Melalui ISO/IEC 17024

posted in: Article, Artikel | 0

ISO/IEC 17024 merupakan standar internasional untuk lembaga sertifikasi personal. Dengan pencapaian standar tersebut, maka sebuah lembaga berhak mengeluarkan sertifikat yang menyatakan seseorang telah kompeten di bidangnya.

Apa itu ISO/IEC 17024?

ISO/IEC 17024 adalah standar internasional yang menetapkan kriteria untuk pengoperasian lembaga sertifikasi untuk orang. Cakupan standar ini yaitu persyaratan pengembangan, dan pemeliharaan skema sertifikasi untuk orang.

Standar ini dikelola oleh ISO (International Organization for Standardization), yakni sebuah organisasi nirlaba internasional yang memiliki misi membuat dan memperkenalkan standar dan standarisasi internasional.

ISO/IEC 17024:2012

ISO/IEC 17024 memiliki versi standar terbaru, yakni ISO/IEC 17024:2012. Standar ini berjudul “ISO/IEC 17024:2012 Conformity assessment – General requirements for bodies operating certification of persons”

Standar ISO/IEC 17024:2012 berisi prinsip dan persyaratan untuk badan sertifikasi orang terhadap persyaratan khusus, dan mencakup pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi untuk orang.

Perlu diketahui, standar ISO/IEC 17024:2012 disusun oleh Komite Teknis ISO/CASCO Committee on conformity assessment, dan telah dipublikasi pada Juli 2012 dengan jumlah 21 halaman dokumen. Ini merupakan edisi kedua.

Standar ini telah ditinjau ulang dan dikonfirmasi pada 2018. Standar ini terbit untuk menggantikan standar versi sebelumnya yang sudah dinyatakan tidak berlaku, yakni ISO/IEC 17024:2003. Oleh karena itu, ISO/IEC 17024:2012 telah resmi menjadi standar yang berlaku hingga saat ini. 

 

Berikut isi standar ISO/IEC 17024:2012 :

  1. Persyaratan Umum

Bagian ini menjelaskan persyaratan umum untuk lembaga sertifikasi orang yang meliputi kriteria status hukum atau lembaga sertifikasi harus berupa badan hukum. 

Kemudian, kriteria yang terkait dengan sumber daya keuangan dan tanggung-jawab kewajiban lembaga sertifikasi, serta persyaratan mengenai ketidakberpihakan dan operasi yang tidak memihak.

Kemudian, persyaratan bahwa lembaga sertifikasi mempertahankan tanggung-jawab atas keputusan sertifikasi.

  1. Persyaratan Struktural

Bagian ini menjelaskan persyaratan struktural untuk lembaga sertifikasi orang, persyaratan struktural memuat kriteria struktur organisasi lembaga sertifikasi termasuk cara pengelolaannya.

Lalu, persyaratan khusus yang berkaitan dengan struktur lembaga sertifikasi dalam kaitannya dengan pelatihan. Secara khusus, bagian ini juga menjelaskan, jika lembaga sertifikasi juga menawarkan pelatihan, maka harus menunjukkan bagaimana ketidakberpihakan sertifikasi tidak dikompromikan oleh pelatihan.

  1. Persyaratan Sumber Daya

Bagian ini menjelaskan persyaratan sumber daya untuk lembaga sertifikasi orang. Persyaratan sumber daya tersebut meliputi kriteria personel dan staf dari lembaga sertifikasi.

Kemudian, persyaratan khusus untuk orang yang terlibat dalam kegiatan sertifikasi, baik dari internal organisasi maupun eksternal organisasi seperti konsultan dan sukarelawan.

Bagian ini juga menjelaskan kriteria yang terkait dengan outsourcing ke badan lain. Bukan hanya itu, bagian ini juga mencakup persyaratan untuk sumber daya lain seperti peralatan pemeriksaan yang diperlukan untuk mengoperasikan kegiatan sertifikasi.

  1. Persyaratan Catatan dan Informasi

Bagian ini menjelaskan catatan dan persyaratan informasi untuk lembaga sertifikasi orang. Persyaratan tersebut meliputi kriteria yang berkaitan dengan catatan pelamar, calon dan orang yang disertifikasi.

Selain itu, persyaratan mengenai informasi yang harus diumumkan serta informasi yang harus dijaga kerahasiaannya dan kriteria keamanan informasi juga dijelaskan dalam bagian ini.

  1. Skema sertifikasi

Bagian ini mencakup persyaratan untuk pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi. Perlu diketahui, skema sertifikasi adalah kompetensi dan persyaratan lain untuk memberikan sertifikasi kepada seseorang dan mencakup ruang lingkup sertifikasi, uraian pekerjaan dan tugas, serta kompetensi yang dipersyaratkan.

  1. Persyaratan Proses sertifikasi

Bagian ini memuat persyaratan proses sertifikasi yang meliputi kriteria proses permohonan sertifikasi, proses penilaian,

proses pemeriksaan, dan keputusan sertifikasi. Bagian ini juga mencakup persyaratan penggunaan sertifikat, logo dan merek, serta persyaratan yang terkait dengan banding dan pengaduan.

  1. Persyaratan

Bagian ini mengharuskan lembaga sertifikasi orang untuk menetapkan, mendokumentasikan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen yang mampu mendukung persyaratan standar.

 

SNI ISO/IEC 17024

Di Indonesia, ISO/IEC 17024/2012 telah diadopsi menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI) dengan judul “Penilaiian kesesuaian – Persyaratan umum untuk lembaga sertifikasi person”

Standar ini disusun oleh Panitia Tekni 03-05, Lembaga Penilaian Kesesuaian, dan telah dikonsensuskan di Jakarta pada 21 September 2012. Konsensus ini dihadiri oleh para pemangku kepentingan, seperti perwakilan dari produsen, konsumen, pakar, dan pemerintah. 

Dalam standar ini, istilah “International Standards” diganti menjadi “National Standards”.

 

Baca juga:

 

Manfaat ISO/IEC 17024

ISO/IEC 17024 bermanfaat dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut karena ISO/IEC 17024 merupakan standar internasional untuk lembaga sertifikasi personal. 

Jika sebuah lembaga bisa mencapai standar tersebut, maka dia berhak mengeluarkan sertifikat bahwa seseorang telah kompeten di bidangnya. Semakin banyak lembaga yang memenuhi standar ISO, maka kualitas SDM pun akan bisa ditingkatkan.

Misalnya, pada bidang manajemen risiko. Jika perusahaan atau praktisi mendapatkan pengakuan kompetensi dalam bidang tersebut dengan standar basis standar internasional, maka itu tentu akan menjadi bukti yang valid.  

Dengan adanya pengakuan terhadap sertifikasi profesi ini, perusahaan atau praktisi yang bergerak di bidang tersebut di Indonesia dapat lebih mempunyai daya saing di kancah internasional.

Dampaknya, keabsahan dan profesionalisme mereka pun dapat diakui secara nasional dan internasional.


 

Sumber:

  • https://standarku.com/iso-iec-17024-standar-persyaratan-badan-sertifikasi/
  • https://mutuinstitute.com/post/manfaat-iso-17024/
  • https://www.iso.org/standard/52993.html
  • https://www.scribd.com/doc/267743548/ISO-17024-2012
  • https://en.wikipedia.org/wiki/ISO/IEC_17024
Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *