Pentingnya Peran Data Protection Untuk Keamanan Data Anda

posted in: Article, Artikel | 0

Pentingnya Peran Data Protection Untuk Keamanan Data AndaSistem perlindungan data merupakan hal yang sangat penting dimiliki pada era digitalisasi seperti sekarang. Fungsinya sangat dibutuhkan untuk kelancaran bisnis pada perusahaan Anda. Data digital bagaikan sebuah tambang emas dan mempunyai nilai aset yang tinggi. Apabila semua data yang ada hilang, tentu perusahaan akan kehilangan pondasi dan membuat organisasi yang ada lumpuh bahkan hancur.

Hal inilah yang menjadi alasan penting untuk memiliki sistem perlindungan data atau data protection, agar terhindar dari berbagai tindakan yang merugikan. Terutama di era banyaknya ancaman kejahatan teknologi dan internet atau biasa dikenal sebagai cyber crime.

Standar ISO 27001 merupakan suatu sistem yang dapat menjaga keamanan data pada perusahaan Anda. Standar ini diciptakan untuk meningkatkan keamanan informasi pada perusahaan.

Ikuti penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih jauh:

Apa itu Data Protection?

Data protection atau keamanan data adalah usaha melindungi data dan informasi digital dari akses ilegal, atau pencurian di seluruh jaringan dan sistem yang digunakan. Keamanan data, mencakup setiap aspek keamanan informasi, mulai dari keamanan fisik perangkat keras dan perangkat penyimpanan hingga kontrol administratif dan akses, serta keamanan aplikasi perangkat lunak, kebijakan, dan prosedur organisasi.

Data protection merupakan sebuah sistem yang bertujuan untuk penyederhanaan terhadap keamanan mengenai data yang kompleks. Penggunaan data protection ditujukan agar terhindar dari kehilangan data, mengaplikasikan enkripsi, keamanan seluler, dan manajemen perangkat seluler secara terintegrasi.

Mengingat kebutuhan yang sangat banyak, perlindungan data menjadi solusi terbaik dan fleksibel yang dapat diterapkan. Apalagi dengan proses pengelolaan secara terpusat, membuat biaya dan keamanannya jauh lebih baik. Karena semua kebutuhan perlindungan data dilakukan secara menyeluruh, baik itu perangkat seluler, email, dan lainnya.

Hal ini tentu cocok memenuhi kebutuhan perusahaan atau organisasi tertentu yang memiliki jumlah karyawan yang banyak. Dengan mengaplikasikan dan menerapkan perlindungan data membuat informasi penting mengenai perusahaan tidak akan bocor dan merugikan. Untuk itu penerapan data protection penting diterapkan untuk melindungi data organisasi.

Manfaat Penerapan Data Protection Untuk Perusahaan

Manfaat Penerapan Data Protection Untuk Perusahaan

Ada sejumlah manfaat yang didapatkan perusahaan saat memiliki perlindungan data yang baik. Berikut ini manfaat yang didapat dari diterapkannya perlindungan data.

  1. Menghindari Pelanggaran Hukum Pencurian DataAda banyak dokumen penting dan sensitif bisa tersebar dengan luas dan disalahgunakan. Hal ini tentunya termasuk pelanggaran hukum dan tindak kejahatan atau cyber crime. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan harus memiliki perlindungan data secara handal dan aman.

    Data protection nantinya membuat semua data yang ada tidak mudah ditembus dan tetap tersimpan aman pada clouds yang ada. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menerapkan perlindungan data untuk perusahaan dan stakeholder.

  1. Menjaga Reputasi PerusahaanSaat perusahaan Anda memberikan perlindungan data yang baik dan optimal, hal itu juga menjadi bagian dari menjaga reputasi perusahaan. Terutama untuk beberapa perusahaan yang bergerak pada bidang keuangan, menjadi hal yang wajib untuk melakukan perlindungan data secara ketat dan efisien.Apabila Anda menjaga reputasi secara konsisten dan memperhatikan hal detail tentang keamanan, tentu akan membuat pelanggan percaya karena mendapatkan rasa aman. Tindakan tersebut merupakan salah satu poin yang harus dicapai dan menjaga kepercayaan pelanggan menjadi salah satu bagian penting bagi perusahaan untuk maju dan berkembang kedepannya.
  1. Melindungi Privasi PelangganKonsumen atau pelanggan mempunyai hak atas privasi yang dimiliki. Apabila terjadi kebocoran data pada perusahaan tentu itu akan merugikan. Hal ini perlu diantisipasi, karena kebocoran data akan memiliki efek buruk yang besar. Dengan begitu, perlindungan data menjadi poin penting yang harus digunakan untuk tetap menjaga kepercayaan dari pelanggan.
  1. Mengungguli KompetitorKeamanan data akan membuat perusahaan anda menjadi kompetitif. Menjaga informasi sensitif dari akses dan pengungkapan ilegal membuat Anda unggul dari kompetitor atau pesaing. Mencegah akses apa pun ke rencana pengembangan atau perluasan masa depan perusahaan menjadi kunci dalam mempertahankan keunggulan kompetitif.

Penerapan Standar ISO 27001 Untuk Keamanan DataPenerapan Standar ISO 27001 Untuk Keamanan Data

ISO/IEC 27001:2013 – Information Security Management┬á System (ISMS) adalah suatu standar sistem manajemen keamanan informasi yang diterbitkan oleh International Organization for Standardization (ISO)

Standar ini dirancang untuk meningkatkan keamanan informasi, praktek keamanan informasi yang baik, dan kebijakan untuk membantu mencegah penyalahgunaan dan pengubahan informasi dan komputasi sistem yang sensitif. Penerapan standar ISO 27001 akan membantu perusahaan Anda dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS).

ISMS memiliki seperangkat unsur saling terkait dengan organisasi yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integritas), dan ketersediaan (availability) informasi.

Perusahaan yang menerapkan standar ISO/IEC 27001, adalah perusahaan yang sadar akan risiko yang melekat pada kerahasiaan, integritas, atau ketersediaan sistem dan data, dan bagaimana melindungi data sistem tersebut. 

ISO 27001 menyediakan kerangka kerja untuk menetapkan praktik terbaik yang disyaratkan oleh peraturan seperti Regulasi Umum Perlindungan Data atau General Data Protection Regulation (GDPR).

ISO 27001 diperlukan untuk melindungi organisasi dari ancaman keamanan dan gangguan aset agar dapat melindungi privasi dan integritas data atau informasi. Sehingga, dapat terhindar dari kerugian finansial dan memberikan pengetahuan baru pada karyawan atau organisasi terhadap kesadaran informasi

 

Penerapan Standar ISO 27001 Untuk Keamanan DataManfaat ISO 27001 Untuk Perlindungan Data

Manfaat umum dari ISO 27001 adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi berbagai informasi milik karyawan dan konsumen
  2. Mengantisipasi serangan siber
  3. Mengelola risiko keamanan sistem informasi secara efektif dan lebih tepat
  4. Menekan anggaran keamanan informasi, karena Anda hanya harus menerapkan kontrol keamanan yang memang diperlukan saja, namun dengan hasil yang lebih maksimal.
  5. Lebih patuh dalam hal pekerjaan, karena terdapat standarisasi yang sudah ditetapkan.
  6. Meningkatkan kredibilitas dan juga branding perusahaan.
  7. Membantu menarik pelanggan baru dan juga mempertahankan klien yang sudah ada.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami ISO 27001 sangat penting untuk melindungi aset data perusahaan yang paling vital diantaranya informasi karyawan dan klien, citra merek, dan informasi pribadi lainnya. Standar ISO mencakup pendekatan berbasis proses untuk memulai, menerapkan, mengoperasikan, dan memelihara data sebuah perusahaan.

Standar ini dirancang untuk melindungi sistem informasi perusahaan dan menghindari risiko kebocoran data dengan penetapan langkah perlindungan teknologi informasi. Oleh karena itu penting menerapkan ISO 27001 untuk keberlangsungan bisnis Anda. 

Penerapan Standar ISO 27001 Untuk Keamanan Data

Leave a Reply