Apakah Perlu Training Internal Audit Ulang Jika Standar ISO Berubah?

posted in: Article, ISO Jakarta | 0

Banyak sekali pertanyaan mengenai perlukah kita mengikuti Training Internal Audit ulang pada saat melakukan upgrading sistem. Misalnya perubahan standar ISO 9001:2008 menjadi ISO 9001:2015 atau perubahan standar OHSAS 18001:2007 menjadi ISO 45001:2018.

Sebenarnya, Persyaratan Standar (ISO 9001 atau ISO 45001) vs Teknik Audit (ISO 19011) merupakan 2 hal yang berbeda :

PERSYARATAN STANDAR.

Persyaratan Standar berisi tentang persyaratan apa saja yang harus diikuti oleh perusahaan sesuai dengan sektor yang dibutuhkan masing-masing. Misalnya perusahaan manufaktur menerapkan Sistem Manajemen Mutu (ISO 9001) dan untuk perusahaan pangan menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Pangan (ISO 22000). Tujuan dari Persyaratan Standar adalah untuk meningkatkan kegiatan perdagangan Internasional yang berkaitan dengan adanya perubahan pada jasa maupun barang.

TEKNIK AUDIT.

Teknik Audit adalah pedoman untuk melakukan audit sistem manajemen yang menjelaskan tentang cara melakukan audit yang baik dan benar. Teknik Audit ini (ISO 19011) berlaku untuk semua jenis standar. Pedoman dalam standar ini bersifat fleksibel, seperti yang dijelaskan dalam beberapa pasal. Penggunaan pedoman ini dapat berbeda tergantung pada ukuran, sifat dan tingkat kematangan sistem manajemen organisasi, sifat dan kompleksitas organisasi yang diaudit, termasuk tujuan dan ruang lingkup audit yang akan dilaksanakan.

Jadi, jika Teknik Audit (ISO 19011) tidak berubah, maka tidak perlu melakukan Training Internal Audit ulang. Yang diperlukan hanyalah training mengenai perubahan persyaratan, seperti mempelajari perubahan, memperbaiki sistem, memastikan sistem terimplementasi dan melakukan audit terhadap sistem baru dengan tetap menggunakan Teknik Audit yang sama.

Sebaliknya, jika Teknik Audit berubah walaupun Persyaratan Standar tidak berubah. Maka perlu dilakukan Training Internal Audit ulang berdasarkan pedoman Teknik Audit yang baru. Misalnya perusahaan telah selesai melakukan upgrading ISO 9001 ke versi terbaru dan telah mendapatkan sertifikat. Namun karena Teknik Audit (ISO 19011) berubah, maka perusahaan perlu melakukan Training Internal Audit ulang untuk memahami teknik baru yang diterapkan di ISO 19011.

 

Sumber : Ririn Puji Astuti

Leave a Reply