Cara Mengintegrasikan ISO 9001 dan ISO 9004

posted in: Article | 0

Cara Mengintegrasikan ISO 9001 dan ISO 9004

ISO 9001 dan ISO 9004 adalah standar yang saling melengkapi dan pelaksanaannya bertujuan untuk memastikan keberhasilan kualitas dan mencapai peningkatan kinerja dalam organisasi apapun. Kedua standar tersebut dapat dilaksanakan secara mandiri atau secara bersamaan; Namun, skenario yang paling umum adalah untuk organisasi  menerapkan ISO 9001 dan kemudian menggunakan ISO 9004 untuk meningkatkan proses dan untuk mendapatkan manfaat jangka panjang yang lebih luas dari Sistem Manajemen Mutu.

Standar-standar ini keduanya sama dalam hal struktur dan terminologi yang digunakan untuk memungkinkan integrasi yang mudah. Kedua standar tersebut juga didasarkan pada prinsip-prinsip manajemen mutu yang sama, oleh karena itu, ketika sebuah organisasi telah berhasil menerapkan ISO 9001, relatif sederhana untuk mengintegrasikan ISO 9004 dan mencapai peningkatan kinerja.

Cara terbaik untuk mengintegrasikan standar pelengkap adalah dengan melakukan hal berikut:

Organisasi perlu mengidentifikasi dan peringkat kebutuhan kualitas mereka, di mana kebutuhan yang paling mendasar adalah memenuhi persyaratan ISO 9001 dan kebutuhan berikutnya adalah untuk mencapai peningkatan kinerja. Setelah mengidentifikasi dan membuat peringkat kebutuhan ini, organisasi harus mengimplementasikan dari ISO 9001 ke ISO 9004 satu langkah pada satu waktu.

Efektivitas

Salah satu kebutuhan dasar yang harus ditangani adalah efektivitas sistem manajemen mutu, yang mencakup bidang-bidang seperti
1. memenuhi persyaratan pelanggan;
2. pencegahan ketidakpuasan pelanggan;
3. penarikan dan cacat; dan
4. produksi produk yang aman.

Efisiensi

Setelah bertemu efektivitas sistem, efisiensi harus kemudian ditangani. Berikut  fokus utamanya:
1. penggunaan sumber daya yang efisien;
2. pengurangan biaya material;
3. penurunan waktu siklus; dan
4. peningkatan produktivitas organisasi.

Keunggulan kompetitif

Mencapai keunggulan kompetitif harus menjadi kebutuhan terakhir untuk diatasi;  merupakan hal penting untuk fokus pada kepuasan pelanggan, meningkatkan pangsa pasar dan meningkatkan profitabilitas.

Kesimpulan

Proses ini merupakan proses yang terus menerus, karena organisasi mungkin tidak pernah membuang kebutuhan dasarnya untuk terus mencapai perbaikan dan peningkatan. Organisasi harus terus bekerja dalam memenuhi semua kebutuhan untuk peningkatan kinerja diatas dan ISO 9004 memberikan panduan tentang cara untuk mencapai peningkatan kinerja yang berkelanjutan ini.

Sebelum mencoba untuk mengintegrasikan ISO 9001 dan ISO 9004, organisasi harus memahami keduanya; meskipun ISO 9001 dan ISO 9004 saling melengkapi satu sama lain, mereka memiliki peran dan pendekatan yang berbeda (baca 4 Perbedaan Utama antara ISO 9001 dan ISO 9004). Mereka masing-masing memiliki peran dalam memberikan nilai untuk setiap organisasi yang memutuskan untuk menggunakan keduanya  untuk memperbaiki sistem manajemen mutu dan mencapai sukses jangka panjang.

Demikian penjelasan dari kami. Untuk info pelatihan terkait ISO 9001 dan sejenis bisa anda dapatkan di laman berikut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply