Kini Standar ISO 22000 Menuju Revisi Terbaru!

posted in: Article | 0

Standar ISO 22000 menuju Revisi

Setelah satu dekade, kini Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000 akan menuju pada masa revisinya. Kelompok Kerja internasional (ISO/TC 34/SC 17/WG 8) yang bertanggung jawab atas revisi, dimana untuk sekretariat yang bertanggungjawab untuk revisi terbaru ini dipegang oleh Danish Standar Foundation (DS), anggota ISO untuk Denmark. Danish Standar Foundation sudah mengadakan pertemuan keempat di Buenos Aires, Argentina, dalam minggu 4 April 2016 untuk pembahasan ISO 22000.

Pada saat ini, revisi standar berada  di tahap Komite Draft (CD) dan para ahli bekerja keras untuk menyaring lebih dari 1000 masukan yang dikumpulkan oleh panitia untuk dimasukkan pada rancangan standar. Agenda pada pertemuan Buenos Aires adalah untuk mengumpulkan berbagai komentar, respon dan masukan lalu menggabungkan kesemuanya ke dalam dokumen. Secara bersamaan, panitia harus memperjelas konsep-konsep kunci tertentu, termasuk didalamnya:

  • Menerapkan Struktur Tingkat Tinggi baru ISO (High Level Standard) ke ISO 22000, yang sekarang wajib disertakan dalam menyusun atau merevisi standar sistem manajemen yang baru. Struktur baru ini menetapkan kerangka kerja yang membuat Sistem Manajemen lebih mudah diintegrasikan dengan Sistem Manajemen yang lain pada waktu tertentu.
  • Menyediakan pengguna dari ISO 22000 dengan pemahaman baru tentang pendekatan berbasis risiko yang berbeda. Konsep “risiko” yang digunakan dalam bisnis makanan untuk membedakan antara penilaian bahaya di tingkat operasional, melalui Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), dan risiko bisnis di mana peluang juga merupakan bagian dari konsep risiko ini.
  • Memberikan klarifikasi lebih lanjut tentang bagaimana siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA) termasuk dua siklus PDCA terpisah dalam standar, yang beroperasi satu di dalam yang lain. Pertama akan berlaku untuk sistem manajemen sedangkan yang kedua, di dalamnya, membahas operasi yang dijelaskan dalam Klausul 8, yang sekaligus menutup prinsip-prinsip HACCP yang ditetapkan oleh Codex Alimentarius Commission.
  • Memberikan pengguna ISO 22000 tentang gambaran yang jelas tentang perbedaan antara Critical Control Points (CCP), Program Operasional Prasyarat (OPRPs) dan Program Prasyarat (PRPs).

Demikian informasi dari kami, jika anda tertarik untuk mengikuti training ataupun workshop berkaitan dengan ISO sejenis, silakan klik berikut.

Semoga bermanfaat.

Source: iso.org

Leave a Reply