Pentingnya Integrasi ISO 9001 dan ISO 27001, Perusahaan Bisa Menang Banyak

posted in: Article, Artikel | 0

12 Menit Membaca

Pentingnya Integrasi ISO 9001 dan ISO 27001, Perusahaan Bisa Menang BanyakPerpaduan dua sistem manajemen memuat serangkaian proses dan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya. Kombinasi keduanya memberi bisnis struktur yang dibutuhkan untuk mencapai praktik terbaik dalam kualitas, dampak lingkungan, keamanan informasi, kesehatan, keselamatan kerja, dan lainnya.

Menggabungkan beberapa standar menjadi satu sistem umum dapat menyederhanakan proses, meningkatkan efisiensi, dan membuatnya lebih mudah untuk dikelola. Hal ini juga berarti perusahaan dapat mencapai hasil yang lebih besar melalui proses yang lebih sedikit. Alhasil, memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada kebutuhan bisnis penting lainnya.

Jika perusahaan ingin mendorong perbaikan terus-menerus di seluruh perusahaan dan membangun kepercayaan pelanggan terhadap kualitas dan keamanan bisnis, sistem terintegrasi ISO 9001 dan ISO 27001 bisa menjadi solusi yang tepat. Berikut penjelasan lebih lanjut:

Mengenal ISO 9001 dan ISO 27001

Sebelum memahami integrasi antara ISO 9001 dengan ISO 27001, perlu dipahami tentang keduanya yaitu:

  1. Apa itu ISO 9001?

    ISO 9001 adalah pengembangan dari ISO 9000 oleh badan standarisasi internasional. ISO 9001 dibuat sebagai standar internasional di bidang sistem manajemen mutu dalam hal sistem manajemen mutu produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.ISO 9001 merupakan standarisasi ISO seri 9000 yang berorientasi pada layanan pelanggan dan standar manajemen mutu yang pertama kali terbit pada tahun 1994 oleh badan standarisasi internasional. Kemudian mengalami sejumlah revisi, yaitu  tahun 1994, tahun 2000, tahun 2008 dan terbaru pada tahun 2015.

    ISO 9001 bersifat generik, artinya standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi baik besar maupun kecil, apapun produk dan layanannya, dalam sembarang aktivitas suatu sektor, dan apakah itu adalah perusahaan bisnis, layanan publik atau departemen pemerintahan.

    ISO 9001 mengarahkan perusahaan memiliki pedoman operasional yang terbaik demi tujuan untuk menghasilkan kualitas yang terbaik pula. Standar ini berisi pedoman bagi perusahaan yang ingin memiliki sistem operasional yang baik.

  1. Apa itu ISO 27001? 

    ISO 27001 adalah suatu standar Internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi atau lebih dikenal dengan Information Security Management Systems (ISMS). Standar ini memungkinkan perusahaan untuk melindungi data tetap tetap aman dan dikelola dengan baik. 

    Menerapkan standar ISO 27001 akan membantu organisasi atau perusahaan dalam membangun dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (ISMS). Standar ini berisi seperangkat unsur yang saling terkait dengan organisasi atau perusahaan yang digunakan untuk mengelola dan mengendalikan risiko keamanan informasi dan untuk melindungi serta menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) informasi.

Pentingnya Integrasi ISO 9001 dan ISO 27001Pentingnya Integrasi ISO 9001 dan ISO 27001

ISO 9001 dan ISO 27001 sangat kompatibel dan dapat membantu bisnis perusahaan mempertahankan produk dan layanan berkualitas tinggi serta meyakinkan klien bahwa perusahaan memprioritaskan keamanan informasi.

ISO ini memiliki struktur Annex SL, yang berarti bahwa klausa mereka disajikan dalam urutan dan format yang sama untuk membentuk kerangka kerja yang sama. Hal ini berarti perusahaan dapat menyelaraskan proses untuk kesederhanaan dan efisiensi yang lebih besar.

Baca juga:

Dengan menyelaraskan ISO ini, perusahaan dapat membuat satu sistem terdokumentasi. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk menerapkan peningkatan di seluruh bisnis dan mengurangi kemungkinan dampak negatif di masa mendatang. Berikut rinciannya:

  1. Plan (Rencana)
    Pemilik didefinisikan dengan jelas. Pemimpin mengambil tanggung jawab dan proses didokumentasikan dan dikomunikasikan dengan baik.
  1. Do (Melakukan)
    Kebutuhan pelatihan diidentifikasi dan dipenuhi, sementara sumber daya dialokasikan secara efektif selama operasi.
  1. Check (Pemeriksaan)
    Pemeriksaan rutin dilakukan untuk memeriksa keefektifan sistem, dengan risiko dan kegagalan diidentifikasi dan didokumentasikan.
  1. Act (Tindakan)
    Perbaikan yang bermanfaat dilakukan melalui sistem tunggal yang terintegrasi, serta keunggulan dicapai melalui wawasan praktik terbaik terhadap kepatuhan.

Lewat proses yang disederhanakan, perusahaan dapat mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mempertahankan kepatuhan. Dengan hanya menggunakan satu manajer IMS, dapat mengontrol kinerja dan mendorong kemampuan pengiriman.

Perusahaan juga akan mendapatkan kontrol yang lebih besar melalui platform sistem manajemen online kami,  QMS Connect . Sistem ini juga dilengkapi dengan manfaat tambahan, termasuk kontrol dokumen bawaan, template, dan manajemen tugas otomatis.

Penerapan Umum Penerapan ISO 9001 dan ISO 27001Penerapan Umum Penerapan ISO 9001 dan ISO 27001

Kedua standar yaitu ISO 9001 dan ISO 27001 sebenarnya memiliki banyak sifat yang sama dan dapat diintegrasikan sepenuhnya. Kedua standar tersebut berfokus pada masalah internal/eksternal yang relevan dengan perusahaan, tetapi dari perspektif yang berbeda. 

Kedua standar mengikuti struktur Lampiran SL yang berarti ada kesamaan dalam dokumentasi dan prosedur yang diperlukan untuk mengimplementasikan sistem secara efektif.

Saat mengintegrasikan kedua standar, perusahaan akan mengurangi jam kerja dan sumber daya. Caranya dengan memastikan tim implementasi memiliki pemahaman yang jelas tentang kedua standar dan memahami dimana standar tumpang tindih.

Beberapa hal penting di mana perusahaan dapat mempercepat implementasi kedua standar, yaitu:

  1. Pihak yang Berminat dan Persyaratannya
    Perusahaan atau organisasi harus menentukan pihak yang berkepentingan dan syarat bagi mereka terkait dengan kualitas dan keamanan informasi. Persyaratan ini dapat diatasi dengan proses yang sama, dan daftar pihak berkepentingan yang terintegrasi dapat dibuat oleh perusahaan.
  2. Tanggung Jawab dan Wewenang untuk Diidentifikasi
    Peran dan tanggung jawab dalam SMM dan SMKI berbeda, tetapi mereka harus didefinisikan dengan jelas.
  3. Kompetensi, Kesadaran, Komunikasi, Kontrol Dokumen dan Catatan Sistem
    Semua persyaratan ini umum tidak hanya untuk ISO 9001 dan ISO 27001, tetapi juga untuk standar lain dan, mereka dapat ditangani dengan cara dan waktu yang sama.
  4. Audit Internal dan Tinjauan Manajemen
    Persyaratan untuk diaudit input dan output review berbeda, tetapi cara dan prosesnya sama. Tergantung pada ukuran dan kompleksitas perusahaan dan prosesnya, audit internal atau tinjauan manajemen dapat dilakukan secara bersamaan atau terpisah.
  5. Keduanya Memerlukan Sistem untuk Ketidaksesuaian dan Tindakan Korektif
    Proses penanganan ketidaksesuaian dan tindakan korektif dapat diterapkan sama untuk kedua standar, dan tidak ada alasan untuk memisahkannya.

Dengan semua elemen umum ini, tampaknya logis untuk mempertahankan satu sistem untuk setiap elemen umum. Ingatlah bahwa meskipun beberapa persyaratan tampak sama dan dapat dicakup dengan proses yang sama, itu tidak berarti mereka akan memiliki hasil yang sama untuk kedua standar.

Fokus ISO 9001 adalah pada kualitas produk dan layanan dan kepuasan pelanggan, sedangkan ISO 27001 difokuskan pada keamanan informasi; oleh karena itu, hasil tinjauan manajemen serta masukan akan berbeda.

Manfaat Integrasi ISO 9001 dan ISO 27001Manfaat Integrasi ISO 9001 dan ISO 27001

Integrasi ISO 27001 dan ISO 9001 akan memberikan sejumlah manfaat diantaranya:

  1. Dengan mengintegrasikan kedua sistem manajemen, membuat banyak sinergi yang memungkinkan sumber daya gabungan untuk menghemat waktu hingga 30%, sehingga lebih hemat uang untuk memelihara dan meningkatkan sistem manajemen.
  2. Lewat pendekatan sistem manajemen holistik yang mewujudkan praktik terbaik internasional, organisasi dapat menunjukkan kepatuhan terhadap standar ISO 27001 dan ISO 9001 kepada pelanggan, badan sertifikasi, dan otoritas pengatur. 
  3. Dengan mengintegrasikan manajemen kualitas dan keamanan informasi, organisasi dapat menunjukkan kualitas dan keamanan proses mereka, serta mencapai keunggulan kompetitif yang signifikan melalui peningkatan kinerja organisasi, pengurangan risiko, kepuasan pelanggan yang lebih baik, dan peningkatan reputasi dan daya jual.

Leave a Reply