Pembaruan pada seri ISO 20000 Sistem Manajemen Layanan

posted in: Article | 0

Meningkatkan layanan pelanggan, produktivitas dan efisiensi hanyalah beberapa dari sekian banyak manfaat dari sistem manajemen layanan. ISO telah memperbarui dua standar dalam seri manajemen layanannya, dengan fitur, topik, dan tips baru.

Menurut laporan Forbes (majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat), manajemen layanan TI sangat penting bagi sebagian besar eksekutif. Kurangnya pendekatan manajemen layanan akan mengurangi daya saing. Karena waktu dan uang yang terlalu banyak dihabiskan untuk pemeliharaan dan manajemen yang sudah/sedang berlangsung, bukan untuk inisiatif baru.

Sistem manajemen layanan atau service management system (SMS) mendukung pengelolaan siklus hidup layanan, mulai dari perencanaan hingga pengiriman dan peningkatan. Hal ini menawarkan nilai yang lebih baik bagi pelanggan serta bagi mereka yang memberikan layanan. Ini memberikan visibilitas yang akan memungkinkan untuk peningkatan berkelanjutan pada efektivitas dan efisiensi.

Serangkaian standar ISO / IEC 20000 memberikan panduan komprehensif tentang hampir setiap aspek SMS. Dua bagian kunci baru saja diperbarui dari standar yang  diterbitkan bersama oleh ISO dan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) ini.

ISO / IEC 20000-1: 2018, Teknologi informasi – Manajemen layanan – Bagian 1: Persyaratan sistem manajemen layanan, menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan SMS, sementara ISO / IEC 20000-10: 2018 , Teknologi informasi – Manajemen layanan – Bagian 10: Konsep dan kosakata, menguraikan konsep dan terminologi inti untuk keseluruhan ISO / IEC 20000 series.

Salah satu perubahannya adalah persyaratan eksplisit untuk “menetapkan, menerapkan, memelihara dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan (SMS)”. Pada versi ini istilah dan definisi juga telah direvisi, memasukkan istilah khusus untuk standar sistem manajemen. Referensi telah ditambahkan di bagian istilah dan definisi yang jelaskan dalam ISO / IEC 20000-10.

Jan Begg, Ketua subkomite teknis ISO yang merevisi standar ini, mengatakan bahwa walaupun seri ini banyak digunakan untuk layanan TI, ia sekarang semakin banyak diterapkan pada layanan lain untuk meningkatkan proses bisnis dan pengambilan keputusan.

“Meskipun ada banyak kerangka kerja dan metodologi untuk manajemen layanan, ISO / IEC 20000 series adalah satu-satunya yang tersedia untuk mengukur kesesuaian, mendukung sertifikasi dan memberikan jaminan kepada pelanggan bahwa layanan mereka dikelola secara efektif,” katanya.

“Seri ISO / IEC 20000 dapat bermanfaat bagi siapa saja yang memberikan layanan kepada pelanggan, apakah itu seluruh perusahaan atau individu departemen, tidak hanya meningkatkan layanan mereka, lebih dari itu ia memastikan bahwa kegiatan manajemen layanan memenuhi kebutuhan dan tujuan bisnis.”

Sumber:
https://www.iso.org/news/ref2326.html

https://www.forbes.com/sites/forbesinsights/2017/03/16/how-it-service-management-delivers-value-to-the-digital-enterprise/#75fe6127732e

https://yasm.com/wiki/en/index.php/ISO_20000_-_2018

 

Leave a Reply